Rahasia Sukses Dian Pelangi Kembangkan Bisnis Fesyen Keluarga

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
15 March 2018 19:49
Desainer muda Dian Pelangi sukses mempertahankan bisnis fesyen keluarga selama 26 tahun, ini rahasianya
Jakarta, CNBC Indonesia- Desainer muda Dian Pelangi masih terus eksis setelah delapan tahun berkarya. Meski hanya melanjutkan bisnis fashion milik orangtuanya, Djamaloedin Sindon serta Hernani Mansyur, Dian mampu mempertahankan bahkan mengembangkan label yang sudah dibangun selama 26 tahun itu.

Kini nama 'Dian Pelangi' tak hanya dikenal di seluruh Indonesia tapi juga dunia. Beberapa koleksinya sudah pernah dikirim ke negara Asia hingga Eropa. Selama mengembangkan bisnis tersebut, Dian Pelangi mengaku tidak pernah menerima investor karena semua modal dan keuangan berasal dari perusahaan sendiri.




"Untuk investor nggak ada ya, alhamdulillah sampai saat ini bisa sendiri. Ini juga kan family business, bapak-ibu yang bangun jadi kita masih ingin membangunnya sendiri saja," ujar Dian Pelangi saat berbincang dengan CNBC Indonesia di Patio Jakarta, Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/3/2018).

Dalam membesarkan perusahaannya, wanita berdarah Palembang itu mengaku lebih mengutamakan tim. Baginya, tim sangat penting untuk membuat bisnis tetap bertahan dan bisa bersaing dengan kompetitor lain.

Dian Pelangi menuturkan kalau ia tidak asal dalam memilih tim karena butuh orang yang tepat sesuai bidangnya. "Aku lebih investasi ke tim work yang berkualitas. Bisnis bisa sustain kalau orang-orangnya tepat," tambah wanita lulusan ESMOD Jakarta itu.

Di samping tim, rahasia sukses Dian Pelangi juga terletak pada komunitasnya. Pembentukan komunitas penting bagi Dian agar bisa terus merangkul konsumen demi tetap loyalitas. Ia beberapa kali mengadakan acara silaturahmi untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para pecinta brand Dian Pelangi.

Wanita berdarah Palembang ini bahkan menunjukkan kepeduliannya kepada pelanggan yang loyal dengan mengirimkan bingkisan selamat saat mereka berulang tahun. Ini juga menjadi salah satu cara Dian untuk tetap eksis sampai sekarang.

Demi pengembangan brand, Dian Pelangi juga menyebut kalau setiap desainer perlu berkolaborasi. "Kolaborasi penting sih zaman sekarang sehingga kita terus bisa mengikuti tren, perkembangan zaman, dan sustainable," tambahnya.

Kini Dian Pelangi sudah mempunyai 10 butik di seluruh Indonesia. Produknya juga sudah dipasarkan ke luar negeri melalui kerjasamanya dengan e-commer hijab, HijUp. Dalam meningkatkan eksistensi di luar negeri, Dian Pelangi rutin mengikuti pekan mode di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Australia, London, Dubai, hingga Amerika Serikat.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading