China Denda 11 Perusahaan Terkait Monopoli, Termasuk Tencent

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
30 April 2021 20:27
China Foto: CNBC

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China mendenda 11 perusahaan dalam negeri karena akuisisi dan usaha patungan mereka diduga melakukan praktik monopoli.

Dilansir dari AFP, 12 perusahaan teknologi, termasuk perusahaan raksasa Tencent, Baidu dan ByteDance, juga menerima denda yang lebih kecil pada Maret karena diduga melanggar aturan monopoli.

Pada Jumat (30/4/2021) pengawas pasar China mengatakan telah mengidentifikasi sembilan kasus yang melanggar peraturan anti-monopoli dengan menciptakan "konsentrasi yang melanggar hukum" dari operasi bisnis.


Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar mengatakan perusahaan-perusahaan itu masing-masing didenda 500.000 yuan atau Rp 1,1, miliar (asumsi Rp 2.230/yuan). Tetapi regulator mencatat pelanggaran tidak menghilangkan atau membatasi persaingan.

Dalam satu kasus yang melibatkan Tencent, perusahaan tersebut ditemukan telah gagal menyatakan akuisisi perusahaan layanan otomotif Shanghai Lantu Information Technology.

Perusahaan lain yang terkena denda termasuk Didi Intelligent Transportation Technology karena tidak mendeklarasikan usaha patungan, dan Suning Rundong Equity Investment Management atas akuisisi.

Denda itu datang beberapa minggu setelah raksasa e-commerce Alibaba didenda US$ 2,78 miliar atau Rp 40,1 triliun (asumsi Rp 14.400/US$) oleh pengawas pasar China. Alibaba terbukti telah menyalahgunakan posisi pasar dominannya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Regulator China telah meningkatkan pengawasan, terutama terhadap perusahaan teknologi tinggi di negara itu. Mereka meminta para pemimpin industri untuk memperbaiki perilaku anti-persaingan.

China juga telah menyatakan keprihatinannya atas jangkauan perusahaan swasta ke dalam keuangan harian publik. Regulator keuangan memanggil perusahaan internet dengan operasi fintech minggu ini untuk memperingatkan mereka terhadap persaingan tidak sehat tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading