China Temukan Kehidupan Alien, Benarkah?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 April 2021 15:18
Attendees wear space travel and alien themed costumes as an influx of tourists responding to a call to 'storm' Area 51, a secretive U.S. military base believed by UFO enthusiasts to hold government secrets about extra-terrestrials, is expected in Rachel, Nevada, U.S. September 19, 2019. REUTERS/Jim Urquhart     TPX IMAGES OF THE DAY Foto: Para peserta yang mengenakan pakaian luar angkasa dan kostum bertema alien sat 'storm' Area 51. (REUTERS / Jim Urquhart)

Jakarta, CNBC Indonesia - Akun Twitter bernama China National Space Administration atau CNSA menghebohkan publik baru-baru ini. Dalam cuitannya, @CNSA_en disebutkan jika mereka menemukan 'kehidupan cerdas'.

"Dengan ini kamu umumkan konfirmasi adanya kehidupan cerdas," dikutip dari akun @CNSA_en, Jumat (30/4/2021).

Tidak ada penjelasan kehidupan cerdas yang dimaksud dan tempat penemuannya. Tweet tersebut diunggah pada 24 April 2021 dan sejauh ini sudah di 446 Retweet dan 1447 Likes.


Mengacu pada nama akun, CNSA merupakan Badan Antariksa asal China. Namun Twitter tersebut tidak ada centang biru seperti layaknya akun-akun dari sebuah lembaga terkenal lain.

Melansir laman Slash Gear, akun tersebut juga tidak menyertakan label China government organization atau organisasi pemerintah China. Biasanya lembaga pemerintah China lain menggunakan sebutan itu dalam akun media sosialnya.

Di sisi lain, banyak akun terverifikasi seperti Badan Antariksa Inggris dan Komando Antariiksa AS mengikuti akun @CNSA_en itu. Meski begitu memang ini tidak jaminan membuat Twitter dan informasi kehidupan alien menjadi valid.

Sebab perlu diingat, ada banyak kasus sebelumnya dimana akun terverfikasi mem-follow akun palsu.

Jika akun itu benar milik badan antariksa China, ada sejumlah kemungkinan menyangkut tweet penemuan alien itu. Bisa jadi akun diretas dan pesan tidak dipublikasikan oleh pejabat setempat.

Kemungkinan lain, cuitan merupakan lelucon yang akhirnya salah diartikan. Terakhir, memang China betul mengklaim adanya kehidupan alien.

Laporan Slash Gear, tidak ada akun lembaga pemerintah terverifikasi yang melakukan re-tweet pada unggahan @CNSA_en. Termasuk juga mempublikasikan sesuatu jika yang diumumkan merupakan pengumuman resmi.

Akun resmi lembaga antariksa itu di Weibo, juga belum mengunggah pesan yang sama seperti di Twitter.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading