NASA Mau Tabrakkan Pesawat ke Asteroid Ancam Bumi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 April 2021 11:35
Tentang dua asteroid yang mendekati Bumi (NASA). (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah pesawat ruang angkasa direncanakan akan menabrakkan diri ke asteroid bila mengancam Bumi. Ini merupakan misi dari Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA yang diperkirakan berlangsung tahun depan.

Proyek ini adalah bagian dari misi uji coba Double Asteroid Redirection Test atau DART. Asteroid yang dimaksud adalah Didymos yang memiliki diameter 160 meter.

Tapi ini bukan bagian dari misi bunuh diri. Misi ini dilakukan untuk membelokkan orbit asteroid dan membuatnya menjauh dari Bumi.


Kegiatan ini untuk sistem pertahanan dari benda luar angkasa yang mengancam tempat tinggal manusia, dikutip dari NASA, Kamis (22/4/2021).

Misi DART akan memperlihatkan teknologi defleksi asteroid untuk pertahanan pada Bumi. Itulah yang membuat pesawat akan dengan sengaja menabrakan diri ke Didymos.

Misi NASA ini merupakan hasil koordinasi dengan Badan Antariksa Italia dan Badan Antariksa Eropa.

"DART adalah langkah awal dalam pengujian metode defleksi asteroid berbahaya. Asteroid yang memiliki potensi bahaya adalah masalah global dan kami senang dapat bekerja sama dengan kolega dari Italia dan Eropa untuk mengumpulkan data paling akurat ," kata Eksekutif Program DART NASA, Andre Riley.

Pesawat luar angkasa diperkirakan akan mencapai asteroid tahun 2022 mendatang dengan diluncurkan pada 2021.

Sebagai informasi DART adalah misi pertama yang dikembangkan oleh NASA Planetary Defense Coordination Officer. Lembaga ini merupakan bagian dari perencana pertahanan planet dari NASA secara luas.

DART diawasi oleh Cubesat dari Badan Antariksa Italia. Selain itu ESA akan mengirimkan pesawat luar angkasa HERA dua tahun kemudian untuk mengecek hasil kerja DART.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading