Are You Ready? Teknologi 5G di Indonesia Dimulai!

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
19 December 2019 11:09
Are You Ready? Teknologi 5G di Indonesia Dimulai!
Jakarta, CNBC Indonesia - Christian Guna Gustiana, General Manager Network Strategic Roadmap Telkomsel, memberikan isyarat bahwa teknologi 5G siap untuk diimplementasikan. Namun, 5G ini sendiri baru bisa diterapkan untuk sektor industri.

"Belum diketahui prediksi kapan 5G muncul di Indonesia. Kami di Telkomsel lebih condong mengimplementasikan 5G untuk industri atau B2B (business to business) bukan kepada konsumen," kata Christian, di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Pada akhir November kemarin pihaknya telah sukses melakukan uji coba 5G untuk sektor Industri di Batam yang didukung oleh Kominfo serta Ericsson dengan menghadirkan beberapa use case seperti 5G Call, Smart Air Patrol dengan menggunakan drone, Immersive Collaboration, Seamless Gaming serta Smart Surveillance.


Untuk use-case Smart Air Patrol, Christian menjelaskan pemanfaatan drone berteknologi jaringan 5G dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi industri. Dengan menggunakan jaringan 5G, drone dapat dioperasikan dari jarak jauh dan dapat dimonitor secara langsung dengan video berkualitas HD serta Al untuk melacak objek.

Untuk industri minyak dan gas, drone berteknologi 5G ini dapat memantau saluran pipa sepanjang 240 km dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan menggunakan helikopter.

Dalam use-case Smart Surveillance (Pengawas Pintar), melalui jaringan 5G dengan pengiriman visual serta data berlatensi rendah, memungkinkan live-streaming secara HD, serta mempermudah integrasi antara HD video streaming dengan kecerdasan buatan. 

Kombinasi dari keduanya dapat mempercepat proses pemindaian obyek seperti plat nomor atau pengenalan wajah yang secara signifikan dapat meningkatkan efisiensi pengguna dalam melakukan pengawasan.

Sistem Pengawas Pintar ini dapat diimplementasikan ke dalam konsep smart-city, di mana pemerintah atau penegak hukum dapat dengan mudah memantau tempat-tempat tertentu seperti lalu lintas, pintu air, tempat parkir, dan lain-lain.

Teknologi 5G juga dapat menjadi Industry 4.0 Enabler. Menurut Christian, teknologi 5G membuka peluang baru untuk sektor industri di Indonesia dengan kemampuan throughput yang tinggi serta koneksi ber-latency rendah, memungkinkan adanya konektivitas antar perangkat, mesin, sensor, kendaraan serta objek-objek lainnya melalui teknologi wireless.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading