Beralih ke Digital Banking, Akankah Kantor Cabang Bank Punah?

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
06 November 2019 14:03
Beralih ke Digital Banking, Akankah Kantor Cabang Bank Punah?
Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mengklaim makin banyak nasabahnya yang lebih nyaman bertransaksi dengan mobile banking dan internet banking ketimbang ke cabang. Apakah ini pertanda cabang bank akan punah?

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan saat ini transaksi nasabah BCA di cabang sekitar 1,8%, tetapi nilainya mencapai 50% dari transaksi.


"Ternyata di Indonesia masih dibutuhkan eksistensi cabang terutama untuk handling uang tunai, kliring, cek dan lainnya dan transaksi nilai besar," ujar Jahja dalam gelaran Indonesia Banking Expo 2019 di Jakarta, Rabu (6/11/2019).


Jahja menambahkan ke depan akan terjadi revolusi cara masyarakat bertransaksi dalam bidang ritel. Contohnya seperti di China di mana pengemis datang bukan dengan topi tetapi gadget.

"Tapi kalau bisnis perbankan saya yakin bisnis korporasi, komersial, UKM dan konsumer loan KPR dan KKB masih tetap butuh konvensional hanya proses di bank akan sangat cepat. Lalu dengan korporasi ada sistem layanan sendiri dan kalau bisa connect, kita bisa layani dengan baik," jelasnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading