Anterin Vs BitCar, Ojol Mana Penantang Serius Grab & Gojek?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
19 August 2019 12:32
Anterin Vs BitCar, Ojol Mana Penantang Serius Grab & Gojek?
Jakarta, CNBC IndonesiaIndustri ride hailing di tanah air akan semakin baru setelah dengan kemunculan pemain baru. Terbaru adalah BitCar, Anterin, Asia Trans hingga FasGo yang akan menantang Gojek dan Grab.

Aplikasi Anterin dan BitCar sudah tersedia di Play Store sehingga bisa di download. Anterin sudah beroperasi di Indonesia sementara BitCar akan meluncur akhir bulan ini. Anterin sediakan layanan ojek online dan BitCar taksi online.


Hingga hari ini (19/8/2019), aplikasi Anterin sudah di download hingga 100.000 kali dengan rating 4,5. Salah satu keunikan Anterin adalah bisa memilih driver sendiri. Tetapi semakin jauh jarak penjemputan maka biaya semakin mahal.


Aplikasi BitCar sudah di download sebanyak 10 ribu kali dengan rating 4,8. Sejatinya, BitCar merupakan aplikasi ride hailing asal Malaysia.

Foto: Infografis/4 Penantang Baru Gojek & GRAB/Aristya Rahadian Krisabella

Bila dibandingkan dengan aplikasi Gojek dan Grab tentu sangat jauh. Jumlah download Gojek sudah mencapai 50 juta denga rating 4,5. Adapun Grab sudah di download lebih dari 100 juta kali dengan rating 4,7.

CNBC Indonesia mencoba membandingkan tarif dan layanan yang diberikan oleh BitCar, Anterin dengan Grab dan Gojek dengan jarak yang sama dari Stasiun MRT ASEAN Sisingamangaraja ke Gedung Trans Media di Jalan Kapten Tendean.


Tarif ojek online untuk Grab biaya dikenakan Rp 13.000 bila membayar dengan uang elektronik OVO. Adapun Gojek mengenakan biaya Rp 14.000 per sekali perjalanan.

Anterin mengenakan biaya Rp 10.000 tetapi pengguna dapat diskon menjadi Rp 9.000. Anterin membebaskan pengguna untuk memilih sendiri mitra driver yang jasanya ingin digunakan.


Tapi semakin jauh jarak penjemputan maka tarifnya akan semakin tinggi. Sama seperti Grab dan Gojek, Anterin juga sediakan fitur chat dengan pengemudi.

Layanan BitCar yang dicoba CNBC Indonesia adalah taksi online. Dengan jarak yang sama, BitCar mengenakan biaya Rp 35 ribu. Penguna pertama akan mendapat potongan Rp 30 ribu sehingga pengguna hanya bayar Rp 5 ribu.


CNBC Indonesia melakukan pengecekan tarif dari titik penjemputan dan antar yang sama, di jam yang sama, untuk Grab Car tarifnya hanya Rp 14.000 dengan menggunakan OVO dan promo, dan Rp 16.000 jika tunai ataupun non-tunai tanpa promo. 

Kelemahan BitCar adalah sulit menemukan driver. Setelah 20 menit dan tak kunjung mendapatkan pengemudi, akhirnya pun menyerah, dan kembali menggunakan ojek online untuk menuju ke kantor.

Simak video seputar BitCar di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading