Indonesia vs Thailand: Main Bola dan Ekonomi, Siapa Menang?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
29 December 2021 06:00
Egy Maulana Vikri of Indonesia, second right, celebrates with teammates after scoring the fourth goal during the AFF Suzuki Cup 2020 semi-final second leg match between Indonesia and Singapore in Singapore, Saturday, Dec. 25, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini, pertandingan final Piala AFF antara Indonesia melawan Thailand akan digelar. Tim Garuda dan Tim Gajah Putih akan bertarung menjadi yang terbaik dalam urusan sepakbola di Asia Tenggara.

Rekor Thailand di Piala AFF (dulu Piala Tiger) sangat ciamik. Thailand adalah pemegang juara terbanyak dengan lima trofi. Kali terakhir Thailand jadi juara Piala AFF adalah pada 2016.

Di ajang Piala AFF 2020 (yang digelar 2021 karena pandemi virus corona), langkah Thailand terbilang mulus. Tim asuhan pelatih asal Brasil, Alexandre Polking, ini tidak banyak menghadapi tantangan di fase grup. Thailand menyapu bersih seluruh laga fase grup, empat kali tanding empat kali menang. Sepuluh kali menjebol gawang lawan dan cuma sekali kebobolan.


Thailand bertemu dengan Vietnam di babak semifinal. Teerasil Dangda dan sejawat menang 2-0 pada laga pertama, dan imbang 0-0 pada pertandingan kedua. Thailand lolos ke final dengan agregat skor 2-0.

Sementara kiprah Indonesia di Piala AFF 2020 tidak semoncer Thailand. Indonesia memang menjadi juara grup, tetapi sama-sama mengoleksi 10 poin dengan Vietnam di posisi runner-up. Indonesia memuncaki grup karena mencetak gol lebih banyak ketimbang Vietnam, 13 banding sembilan.

Di babak semifinal, Indonesia bersua dengan Singapura. Tidak seperti Thailand, vs Vietnam pertarungan Garuda melawan Singa berlangsung sengit dan penuh drama.

Indonesia dan Singapura bermain seri 1-1 pada leg pertama. Pada leg kedua, tim asuhan pelatih ShinTae-yong (Korea Selatan) memang menang 4-2 tetapi kemenangan itu didapat dengan susah payah, sampai harus melalui babak perpanjangan waktu. Drama semakin kental karena tiga pemain Singapura diusir wasit setelah menerima kartu merah.

Halaman Selanjutnya --> Rekor Indonesia Tak Bagus Kala Jumpa Thailand

Rekor Indonesia Tak Bagus Kala Jumpa Thailand
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading