Vietnam: Main Bola Bisa, Ekonomi Bagus Pula...

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
16 October 2019 08:22
Jakarta, CNBC Indonesia - Malam tadi, tim nasional sepakbola Indonesia kembali menjalani laga pra-kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023. Lawan yang dihadapi adalah kekuatan baru sepakbola Asia Tenggara, Vietnam.

Hasilnya, lagi-lagi, mengecewakan bagi Tim Garuda. Evan Dimas Darmono dan kolega harus mengakui keunggulan Vietnam 1-3 dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Gol Vietnam dicetak oleh Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, dan Nguyen Tien Linh. Sementara gol hiburan bagi skuat asuhan gaffer Simon McMemeny dibikin oleh si tampan Irfan Bachdim.


Hasil tadi malam memantapkan posisi Indonesia sebagai juru kunci klasemen Grup G dengan nilai nol. Kemenangan atas Indonesia membuat koleksi poin Vietnam menjadi tujuh dan menempati peringkat kedua. Sebenarnya perolehan poin Vietnam sama dengan sang pemuncak, Thailand, tetapi kalah selisih gol.

FIFA

Pertandingan di Pulau Dewata malam tadi menegaskan kedigdayaan Vietnam sebagai penguasa baru jagat sepakbola Asia Tenggara. Di peringkat terbaru Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) per 19 September, Vietnam berada di rangking 99. Vietnam menjadi yang terbaik di antara negara-negara ASEAN.

Sementara Indonesia harus menerima kenyataan tercecer di peringkat 167, terbawah di antara negara-negara ASEAN-6.

Vietnam: Main Bola Bisa, Ekonomi Bagus Pula...



Sejak 1991, partai Indonesia vs Vietnam sudah terjadi 24 kali. Catatan pertandingan memihak Vietnam, dengan sembilan kemenangan, sembilan imbang, dan enam kekalahan. Kali terakhir Indonesia bisa mengalahkan Vietnam adalah pada Desember 2016, skor 2-1 di gelaran Piala AFF.

Kekalahan malam tadi seakan kian menampar Indonesia. Sebab tidak hanya soal bal-balan, di bidang ekonomi pun Vietnam sudah mampu mencatat sejumlah keunggulan.


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)



Vietnam Sudah Pernah Tumbuh Dua Digit
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading