Daging Sapi Impor Brasil Akhirnya Masuk Indonesia

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
04 May 2021 11:36
daging (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia kedatangan daging sapi beku impor asal Brasil sebanyak 140 ton melalui pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapat penugasan ini adalah PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) bersama PT Berdikari (Persero).

Direktur Utama PT RNI (Persero) Arief Prasetyo Adi menilai impor daging ini untuk menjaga stabilitas harga menjelang Lebaran. Selain itu, ada juga tujuan lainnya.

"Ini kesempatan untuk melihat kualitas komoditas sapi asal Brasil untuk kami kaji produknya sebagai bagian dari transformasi pangan dan tentu penekanan impor ke depannya," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (4/5/21).


Selama ini, BUMN Klaster pangan khususnya industri peternakan masih menerima penugasan - penugasan impor dari Pemerintah lantaran kebutuhan daging yang meningkat dan produksi dalam negeri yang terbatas, apalagi menjelang hari raya Lebaran.

Sebelumnya, pihaknya telah menerima arahan Menteri Erick untuk mengkaji skema transformasi pangan komoditas daging dalam rangka wacana pembelian peternakan sapi di Belgia, mulai dari kajian asal produk negaranya, kualitas daging sapinya serta model bisnisnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Berdikari (Persero), Harry Warganegara menyebut realisasi impor daging sapi beku tersebut akan dilakukan secara bertahap hingga tercukupi pemenuhan kebutuhan daging menjelang Idul Fitri 2021.

Ia mengklaim, realisasi penugasan impor ini untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dengan stabilisasi harga pangan daging menjelang hari raya serta membantu Pemerintah dalam menjaga stabilitas harga


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading