Memalukan! Gaji Gede, THR Cair, PNS Pajak Masih Aje Disuap

News - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
03 March 2021 11:55
Gedung Kementrian Keuangan Ditjen Pajak

Jakarta, CNBC Indonesia - Dugaan suap yang menyeret aparatĀ Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan kembali mencoreng nama baik Kementerian Keuangan. Tak dapat dipungkiri, ternyata masih ada 'tikus rakus' yang berkeliaran di Ditjen Pajak.

Masyarakat mungkin sudah melupakan Gayus Tambunan, seorang mafia pajak yang kasusnya mencuat pada medio 2010. Namun, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nampaknya menemukan penerus 'sang mafia'.

Alexander Marwata, Wakil Ketua KPK mengemukakan KPK telah mengendus aroma suap yang melibatkan aparat pajak. Nilainya bahkan lumayan besar untuk suap perorangan yaitu puluhan miliar rupiah.


"Nilai suapnya besar, puluhan miliar juga. Kalau tidak salah itu juga melibatkan tim pemeriksa. Kalau di pajak kan modusnya seperti itu, gimana caranya supaya WP (Wajib Pajak) bayar pajak rendah dengan cara menyuap pemeriksanya agar pajaknya diturunkan," katanya.

Alex mengungkapkan bahwa tim penyidik sudah menggeledah sejumlah lokasi terkait penanganan kasus ini. Ia menambahkan, KPK akan bekerja sama dengan Kementerian Keuangan.

Menurut dia, KPK akan menangani kasus dugaan suapnya, sementara Kementerian Keuangan akan memeriksa ulang pembayaran pajak yang diduga telah diatur karena ada pemufakatan jahat.

"Supaya ditentukan pajak yang benar berapa. Kalau memang benar ada kekurangan pajak dendanya itu kan 200 persen," pungkasnya.

Korupsi di bidang perpajakan terbilang cukup berbahaya. Pasalnya, pajak merupakan tiang penyangga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Jika penerimaan keropos terkikis korupsi, kas keuangan negara pun tidak bisa maksimal.

Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengatakan bekerja di lingkungan Ditjen Pajak memang memiliki godaan yang cukup besar. Seorang PNS biasa, bukan tidak mungkin bisa terpengaruh.

"Coba bayangkan wajib pajak perusahaan besar yang punya kewajiban pajak ratusan miliar. Pasti sangat ingin bayar pajaknya dikurangi atau bahkan dibebaskan. Misal berkurang seratus milyar saja. Untuk Itu pasti rela menyuap petugas pajaknya sebesar 10 miliar," kata Piter.

Halaman Selanjutnya, >>>>>>>> Gaji & Tunjangan Aparat DJP Sudah Gede!

Gaji & Tunjangan Aparat DJP Sudah Gede!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading