Kapan RI Bebas dari Resesi? Tergantung Penanganan Pandemi!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
02 October 2020 12:28
Pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi. (CNBC Indoensia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepertinya Indonesia harus ekstra waspada. Sebab ada kecenderungan Indonesia lebih sulit bangkit dari resesi ketimbang negara-negara lain.

Bank Dunia memperkirakan ekonomi Indonesia tahun ini mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) 1,6%. Negara-negara berkembang lain di kawasan Asia Timur dan Pasifik lebih parah, Indonesia beruntung karena hanya mengalami kontraksi ekonomi yang dangkal.


Namun kemampuan Indonesia untuk bangkit dari resesi patut dipertanyakan. Pasalnya, sektor manufaktur Tanah Air masih mengalami tekanan luar biasa.

Sektor manufaktur adalah penyumbang terbesar dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) dari sisi lapangan usaha. Jadi ketika sektor ini bermasalah, maka PDB secara keseluruhan akan terpengaruh.

growrhBadan Pusat Statistik

Kelesuan sektor manufaktur terlihat dari data Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur keluaran IHS Markit. Pada September 2020, skor PMI manufaktur Indonesia adalah 47,2. Turun dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 50,8.

PMI menggunakan angka 50 sebagai titik mula. Kalau di bawah 50 berarti kontraksi, di atas 50 berarti ekspansi.

Penurunan pada September adalah yang pertama setelah PMI terus merangkak naik sejak April. Menurut IHS Markit, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang lebih ketat pada pertengahan September menjadi penyebabnya.

Penurunan permintaan membuat produksi kembali turun. Akibatnya, penciptaan lapangan kerja ikut berkurang. Bahkan laju Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) semakin cepat.

Selain itu, dunia usaha juga mengurangi pembelian bahan baku sebagai upaya efisiensi. Laju penurunan pembelian bahan baku pada September bahkan menjadi yang tercepat dalam tujuh bulan terakhir.

Situasi yang sulit bahkan membuat dunia usaha sampai menurunkan harga jual produk demi mendongkrak penjualan. Ini membuat tekanan inflasi pada kuartal III-2020 sangat ringan, bahkan hampir tidak ada.

Penanganan Pandemi Jadi Kunci
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading