Ekonomi Bisa Pulih dari Resesi, Tapi Ingat Pesan Sri Mulyani!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
24 September 2020 06:21
Volkswagen export cars are seen in the port of Emden, beside the VW plant, Germany March 9, 2018.  REUTERS/Fabian Bimmer

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah pusaran kabar buruk di bidang ekonomi seperti ancaman resesi dan depresi akibat pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19), ternyata masih ada berita baik. Di luar dugaan, aktivitas manufaktur di sejumlah negara diperkirakan membaik pada bulan ini.

IHS Markit merilis data pembacaan awal atau flash reading Purchasing Managers' Index (PMI) untuk sejumlah negara periode September 2020. Ternyata hampir seluruhnya mencatatkan kenaikan.


Jerman menjadi negara yang paling impresif. IHS Markit memperkirakan PMI manufaktur Negeri Panser pada September adalah 56,6, naik dibandingkan sebulan sebelumnya yaitu 52,2. Angka 56,5 adalah yang tertinggi dalam 26 bulan terakhir!

"Sektor manufaktur Jerman melanjutkan peningkatan. Ini didorong oleh perbaikan permintaan ekspor sehingga meningkatkan produksi perusahaan dan menekan laju pengurangan pegawai," sebut Phil Smith, Associate Director IHS Markit, seperti dikutip dari siaran tertulis.

Inggris menjadi satu-satunya negara yang sepertinya mengalami penurunan PMI manufaktur. Pada September, PMI manufaktur Negeri John Bull diperkirakan berada di 54.3. Turun tipis dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 55,2.

Namun perlu dicatat bahwa PMI menggunakan angka 50 sebagai titik mula. Kalau masih di atas 50, berarti industriawan sedang dalam fase ekspansi, tidak lagi 'tiarap'.

"Dampak pembatasan sosial akibat pandemi virus corona masih mencekik perekonomian Inggris. Namun perusahaan manufaktur bernasib lebih baik karena operasional terus meningkat seiring para karyawan yang kembali bekerja. Permintaan ekspor pun meningkat dan mencatatkan pertumbuhan tertinggi sejak Februari 2018, terutama dari Asia Timur dan sejumlah negara Eropa," sebut Duncan Brock, Group Director CIPS, seperti dikutip dari siaran tertulis.

Ketidakpastian Masih Sangat Tinggi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading