Penanganan Covid-19

Kasus Covid-19 RI Sedang Menuju Puncak atau Masih Jauh?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
01 October 2020 18:30
Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat memberi keterangan Pers terkait Perkembangan Penanganan Covid-19. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus harian konfirmasi positif Covid-19 di tanah air terus mengalami peningkatan setiap hari. Bahkan beberapa hari lalu, kasus harian sempat mencapai 5.000.


Lantas, apakah kasus Covid-19 di Indonesia sedang menuju puncak atau masih jauh dari puncak? 



"Jadi memang kasus meningkat akhir-akhir ini di Indonesia menunjukkan ada tingkat penularan yang tinggi di masyarakat. Kami mohon kepada seluruh masyarakat, agar betul-betul mempraktikkan protokol kesehatan ketat, bersungguh-sungguh agar kasus ditekan," ujar Juru Bicara sekaligus Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (1/10/2020).



Menurut dia, jumlah itu akan terus meningkat apabila tidak terjadi perubahan perilaku dari masyarakat. Oleh karena itu, Wiku mengajak semua pihak bersama-sama mengubah perilaku.

"Kapan angkanya tertinggi? Semua tergantung pada kita sendiri. Angka akan turun pada saat perilaku masyarakat kompak menjalankan protokol kesehatan, angka ini akan turun. Apabila kita lengah lagi, angka akan naik lagi, Jadi angka ini tergantung dari kita masyarakat sendiri. Mari kita perangi Covid-19 ini dengan baik dan kita bisa menekan kasus terus menerus tanpa lengah sehari pun," katanya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kasus konfirmasi positif Covid-19 per hari ini mencapai 291.182. Dari jumlah itu, sebanyak 218.487 sembuh dan yang meninggal 10.856.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading