Dampak Lockdown India ke RI: Batu Bara, CPO, Sampai Kentang!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
26 March 2020 06:05
Peran India Begitu Penting bagi Dunia

Peran India Begitu Penting bagi Dunia

Ketika ekonomi India melambat, dampaknya akan terasa di negara lain. Pasalnya, India adalah kekuatan ekonomi terbesar kelima di dunia. India terlalu besar untuk dipandang sebelah mata.



India juga berperan penting dalam rantai pasok manufaktur global. India berada di urutan keenam dunia dalam hal kontribusi produksi manufaktur dengan pangsa 3%.





India adalah produsen baja terbesar kedua dunia. Pada 2018, World Steel Association melaporkan produksi baja India adalah 106,5 juta ton. India sudah menyalip Jepang yang memproduksi 104,3 juta ton.

Di sektor agrikultur, peranan India juga bukan kaleng-kaleng. Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) mencatat pada 2017-2018 produksi susu India mencapai 165 juta ton, terbesar di dunia. India adalah produsen terbesar kedua dunia untuk beras, gandum, tebu, kapas, dan kacang tanah.

Seluruh potensi itu akan hilang selama periode lockdown, karena produksi terhenti. Apalagi kalau pemerintahan Modi kemudian memutuskan untuk memperpanjang periode lockdown. Produksi yang hilang akan semakin besar.



India Juga Penting bagi Indonesia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading