Dampak Lockdown India ke RI: Batu Bara, CPO, Sampai Kentang!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
26 March 2020 06:05
Ekonomi Informai di India Bikin Dilema

Ekonomi Informai di India Bikin Dilema

Lockdown bertujuan untuk menekan risiko penyebaran virus yang berarti menyelamatkan nyawa. Namun bagi negara seperti India, kebijakan ini memiliki kompleksitas yang tinggi.

Seperti halnya Indonesia, ekonomi informal menjamur di India. Menurut catatan Dana Moneter Internasional, 52,4% perekonomian India ditunjang oleh sektor informal.





"Meminta orang-orang untuk tetap di rumah memang penting. Namun sebagian besar dari populasi di India tidak bisa tinggal di rumah karena artinya tanpa pekerjaan dan penghasilan," tegas Madhura Swaminathan, Kepala Analis Indian Statistical Institute yang berbasis di Bangaluru, seperti dikutip dari Reuters.

Oleh karena itu, kebijakan lockdown akan memangkas ekonomi India cukup dalam. Barclays memperkirakan ukuran ekonomi India akan berkurang US$ 120 miliar atau sekitar 4% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Kami mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi India untuk tahun kalender 2020 dari 4,5% menjadi 2,5%," kata Rahul Bajoria, Kepala Ekonom Barclays untuk India, dalam risetnya.


Peran India Begitu Penting bagi Dunia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading