RI Boleh Kebal Corona, Tapi Tak Akan Tahan dengan Dampaknya

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
18 February 2020 06:12
Jakarta, CNBC Indonesia - Serangan virus corona menghantui dunia. Berbagai negara sudah menjadi korbannya, tetapi tidak dengan Indonesia.

Mengutip data satelit pemetaan ArcGis pada Senin (17/2/2020) pukul 22:43 WIB, jumlah kasus corona di seluruh dunia mencapai 71.902. Kasus terbanyak adalah di China yaitu 70.554.

Disusul oleh Singapura (77), Jepang (66), Hong Kong (58), Thailand (35), Korea Selatan (30), Malaysia dan Taiwan (22), Jerman dan Vietnam (16), Australia dan Amerika Serikat/AS (15), Prancis (12), Makau (10), Uni Emirat Arab dan Inggris (9), Kanada (8), Italia, Filipina, dan India (3), Rusia dan Spanyol (2), serta Nepal, Kamboja, Belgia, Finlandia, Swedia, Mesir, dan Sri Lanka (1). Plus kasus di kapal pesiar Diamond Princess (454).



Lihat, tidak ada nama Indonesia sebagai negara yang terjangkit virus corona. Bahkan belum ada laporan kasus corona terhadap 87 orang Warga Negara Indonesia (WNI) di kapal Diamond Princess. Begitu pula dengan 285 WNI yang dijemput dari China dan sempat menjalani masa observasi selama 14 hari di Natuna, semua dinyatakan sehat.

"Selama kita mengandalkan Yang Maha Kuasa, itulah hasil yang kita dapatkan sekarang. Kenapa malu mengandalkan Yang Maha Kuasa?" ujar Terawan Agus Putranto, Menteri Kesehatan.

Keandalan Indonesia dalam menangkal virus corona juga sudah diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). "Indonesia telah melakukan langkah-langkah konkret dan WHO meyakini bahwa Indonesia sudah siap menghadapi situasi ini," kata Navaratnasamy Paranietharan, Perwakilan WHO di Indonesia, seperti dikutip dari Reuters.


Pemerintah Indonesia memang sudah menempuh sejumlah upaya untuk mencegah masuknya virus corona ke Ibu Pertiwi. Kementerian Perhubungan hingga saat ini masih memberlakukan penutupan sementara rute penerbangan dari dan ke China, termasuk yang melalui transit. Sedangkan Kementerian Perdagangan melarang impor hewan hidup asal Negeri Tirai Bambu.

Namun meski Indonesia sejauh ini mampu membentengi diri dari penularan virus corona, tetapi sepertinya sulit untuk tidak merasakan dampak ekonominya. Sebab, dampak ekonomi dari virus ini memang luar biasa.


[Gambas:Video CNBC]





Perlambatan Ekonomi China Mulai Terasa
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading