Malaysia Mulai Curi-Curi Pandang, Incar Proyek Ibu Kota Baru

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
06 November 2019 21:34
Proyek ibu kota baru banyak diminati investor termasuk dari jiran.
Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek infrastruktur di ibu kota negara (IKN) baru mulai mengundang perhatian investor asing. Sejumlah perusahaan swasta mulai curi-curi pandang.

"Investor yang berinisiatif tapi mereka nggak bicara secara spesifik. Jadi mereka mau berpartisipasi untuk semua sektor misal SDA, untuk jalan, untuk cipta karya," ungkap Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Ia mengatakan, investor yang menunjukkan minatnya berasal dari dalam dan luar negeri. Belum lama ini, investor asal Malaysia giat mencari informasi mengenai proyek ibu kota baru.


"Ada beberapa [investor asing], yang pasti negara tetangga kita masuk, Malaysia," urainya.



Dia bilang bahwa Malaysia tertarik membangun infrastruktur sumber daya air. Meski tak menyebut nama perusahaannya, namun dia memastikan investor ini punya pengalaman di bidang sumber daya air.

Eko menegaskan bahwa pemerintah memang menggenjot investasi swasta untuk pembangunan ibu kota baru. Pasalnya, dana dari APBN sangat terbatas.

"Kalau di sektor PUPR hampir semua ditawarkan yang ibu kota. Baik jalan non-tol, tol, perumahan, building juga akan menjadi tanggung jawab kita itu semuanya nanti akan ditawarkan karena APBN memang sedikit," cetusnya.

Dijelaskan, tahapan lelang dan pembangunan ibu kota baru ini tidak jauh berbeda dengan proyek pada umumnya.

"IKN atau non IKN sama. Pertama itu adalah perencanaan, kemudian penyiapan, seksi, dan konstruksi. Tahapnnya seperti itu," katanya.

Eko D Heripoerwanto, sempat menyebut, infrastruktur yang dibangun antara lain tol sepanjang 57 Km sebagai tambahan tol yang sudah ada. Selain itu, akan terbangun pula jalur kereta sepanjang 72 Km.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading