Saudi Aramco Resmi Bersiap Menggelar IPO Terbesar Dunia

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
03 November 2019 18:39
Saudi Aramco Resmi Bersiap Menggelar IPO Terbesar Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Arab Saudi secara resmi mengumumkan (kick off) pelepasan saham perdana atau initial public offering (IPO) untuk perusahaan BUMN Saudi Aramco, pada Minggu (3/11). IPO rencananya akan berlangsung di bursa domestik pada Desember 2019, seperti dikutip dari CNBC Internasional, Minggu (3/11).

Arab Saudi bersiap melepas saham Aramco ke publik, setelah mendapat persetujuan dari regulator terdaftar di bursa domestik dan menjadi perusahaan publik yang paling bernilai di dunia. Namun, Otoritas Pasar Modal (CMA) tidak menyampaikan secara pasti berapa banyak saham Aramco akan dijual ke publik.

Amin Nasser, President and Chief Executive of Saudi Aramco mengatakan "visi dari perusahaan adalah menjadi perusahaan paling unggul yang terintegrasi di bidang energi dan kimia"




Menurut beberapa sumber seperti diberitakan media milik pemerintah, Al-Arabiya,  Aramco berencana mengumumkan kisaran harga IPO pada 17 November, dan akan mulai tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Tadawul (Saudi Stock Exchange Tadawul), Arab Saudi, pada 11 Desember.

Berdasarkan CNBC International, IPO dari perusahaan minyak BUMN Arab Saudi ini memiliki nilai estimasi kapitalisasi pasar (market capitalization/market cap) sekitar US$ 2 triliun dan akan menjadi IPO terbesar di dunia. Nilai itu setara dengan Rp 28.000 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$).

Sumber dari Reuters menyebutkan, kemungkinan Aramco akan melepas 1 - 2% sahamnya di bursa lokal, diperkirakan bisa mendapatkan dana segar sebanyak US$ 20 miliar - US$40 miliar. 

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading