Internasional

Saudi Aramco Segera IPO 11 Desember

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
29 October 2019 16:17
Saudi Aramco Segera IPO 11 Desember
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan minyak terbesar di dunia, Saudi Aramco Oil Company (Saudi Aramco) akan mulai melakukan subscription atau mencari investor yang akan membeli sahamnya dalam penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pada 4 Desember.

Demikian menurut beberapa sumber seperti diberitakan media milik pemerintah, Al-Arabiya, Selasa (29/10/2019).


Aramco berencana mengumumkan harga transaksi pada 17 November, dan akan mulai berdagang di pasar saham lokal, Tadawul, pada 11 Desember, tambah sumber itu.


Seperti diketahui, raksasa minyak Arab Saudi ini telah lama merencanakan IPO-nya. Sebelumnya perusahaan dikabarkan akan melakukan listing pada awal November.

Namun, hal itu akhirnya ditunda setelah terjadi penyerangan oleh drone di 2 fasilitas Aramco pada pertengahan September lalu.
Selain melakukan listing di bursa domestik, Aramco juga dikabarkan berniat mendaftarkan saham di bursa internasional.


Dikutip dari CNBC International, IPO dari perusahaan minyak BUMN Arab Saudi ini memiliki nilai estimasi kapitalisasi sekitar US$ 2 triliun dan akan menjadi IPO terbesar di dunia. IPO ini sudah menjadi tujuan lama dari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Mengacu siaran pers Saudi Aramco, perusahaan mencetak laba bersih sebesar US$ 46,9 miliar atau setara dengan Rp 661 triliun (asumsi kurs Rp 14.100/US$) untuk semester pertama 2019, dibandingkan dengan US$ 53,0 miliar untuk periode yang sama tahun lalu.

Sementara laba sebelum bunga dan pajak pada periode tersebut yakni US$ 92,5 miliar, dibandingkan dengan US$ 101,3 miliar periode yang sama setahun sebelumnya.

[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading