Darmin Beberkan Solusi Masalah Klasik RI, Birokrasi Perizinan

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
14 September 2019 17:02
Urus Izin Susah Bukan Main, tapi Setelahnya Tak Diawasi
Jakarta, CNBC Indonesia - Urusan perizinan masih jadi pekerjaan rumah pemerintah. Hal tersebut belakangan dinilai sebagai penghambat investasi di RI.

Menko Perekonomian Darmin Nasution membeberkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penyederhanaan perizinan. Dalam beberapa kesempatan, Darmin bilang, bahwa Jokowi menyesalkan masih rumitnya mengurus perizinan.

"Yang sering dicontohkan, Pak Presiden bilang [urus] IMB [izin mendirikan bangunan] itu susahnya bukan main. Tapi setelah dapat, dia tambah-tambah kesana-kemari kita tidak tahu," kata Darmin di sela acara Indotrans Ekspo 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Sabtu (14/9/2019).
 
Ucapan tersebut menggambarkan betapa lemahnya pengawasan dari pemerintah. Artinya, suatu pihak yang sudah mengantongi izin tertentu, pelaksanaan atas izin itu kemudian kurang diperhatikan sehingga rentan diselewengkan.
"Ke depan perizinan disederhanakan tapi kita fokus pada monitoring,pengawasan. Sehingga orang mudah berusaha, dan bisa dengan baik dan benar," urainya.




Dengan begitu, upaya pemerintah yang sedang menyiapkan penyederhanaan perizinan besar-besaran dibarengi dengan perubahan paradigma. Cara-cara lama tak lagi dipakai.
"Kalau di masa lalu kita sangat fokus pada izin yang ketat. Setelah susah payah mengurus perizinan, biasanya kita sudah tidak terlalu peduli apa yang dia kerjakan," tandasnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2 >>>>>>>

Keluhan Jokowi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading