Menteri Jokowi Kenang Habibie: Bangun Konektivitas & Industri

News - Syahrizal Sidik & Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
13 September 2019 06:18
Menteri Jokowi Kenang Habibie: Bangun Konektivitas & Industri
Jakarta, CNBC Indonesia - Jenazah Presiden ke-3 RI BJ Habibie telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). Kepergian Habibie tentu menghadirkan keprihatinan mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali para menteri dalam Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berikut adalah sebagian tanggapan para menteri Kabinet Kerja yang bersumber dari reportase reporter CNBC Indonesia:

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Kita kehilangan putra terbaik bangsa. Oleh karenanya, saya sebagai pribadi dan atas nama Kementerian Perhubungan menyampaikan duka cita yang mendalam. Beliau adalah satu figur yang luar biasa yang patut menjadi contoh bagi kita semuanya. Orang pandai, rendah hati dan orang kemasyarakatan. Oleh karenanya Kementerian Perhubungan mengucapkan terima kasih kepada pak Habibie.


Transportasi sangat diwarnai oleh karya-karya besar pak Habibie. PT Dirgantara Indonesia, PT INKA, PT LEN, PT Pindad, dan banyak lagi. Nah oleh karenanya duka cita mendalam, kita berdoa agar pak Habibie mendapatkan tempat di sisi Allah SWT dan kita kenang segala karya beliau sebagai suatu inspirasi untuk Indonesia lebih hebat.



Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil

Beliau menjadi presiden di waktu ekonomi sulit dengan pendekatan dan tim yang beliau gunakan tim yang sangat profesional dengan pengalaman yang cukup dan waktu yang relatif singkat kondisi yang sangat buruk itu bisa dibalik. Walaupun tidak menyelesaikan masalah dalam satu malam.

Tapi pak Habibie besar sekali kontribusinya terhadap Indoensia hari ini. Indonesia setelah reformasi. Sebelum-sebelumnya tentu pak Sukarno meletakkan dasar Indonesia merdeka, pak Harto mengisi pembangunan pak Habibie menjadi bapak yang menyiapkan Indonesia menjadi negara demokratis yang seperti kita alami saat ini. Kita betul-betul kehilangan seorang figur nasional yang begitu luar biasa jasanya bagi Republik Indonesia.

Menteri Jokowi Kenang Habibie: Bangun Konektivitas & IndustriFoto: Suasana Pemakaman BJ Habibie (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Saya mengenal Pak Habibie sangat lama ya di dalam masa-masa kritis perubahan Republik Indonesia menuju sistem demokrasi yang terbuka, terdesentralisasi. Beliaulah yang meletakkan banyak sekali pada masa-masa yang sangat singkat namun sangat menentukan arah republik ini dengan berbagai legislasi yang menjadi fondasi kita dalam bernegara sampai hari ini.

Pak Habibie kita kenal juga sebagai figur yang peduli dan cinta sekali terhadap republik. Beliau meninggalkan karier yang kuar biasa dan pencapaian yang luar biasa di dalam hidupnya sebagai seorang ilmuan, sebagai seorang eksekutif di sebuah perusajaan yang sangat luar biasa untuk kembali ke Indonesia mengabdikan hidupnya dan membantu industri di Indonesia bahkan mengirimlan banyak sekali sumber daya manusia keluar.

Jadi seluruh perjalanan hidup pak Habibie adalah inspirasi bagi banyak kita semua. Contoh dan sekaligus teladan dan juga menjadi alasan bagi kita untuk optimis bahwa Indonesia dengan banyak sekali anak bangsa seperti beliau pasti akan bisa maju ke depan. Kita kehilangan, kehilangan sekali.



Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro
Kita semua bangsa Indonesia kehilangan seorang putra terbaik, yang tidak hanya bawa Indonesia ke alam demokrasi seperti yang kita alami sekarang, tapi juga membawa Indonesia menjadi negara yang lebih sadar terhadap pentingnya teknologi yang tinggi serta pentingnya riset dan teknologi untuk kemajuan bangsa

Saya sering atau beberapa kali ketemu beliau di rumah ini. Beliau sering menekankan dua hal, pentingnya Indonesia membangun industri yang punya nilai tambah yang tinggi dengan teknologi yang tinggi serta pentingnya konektivitas melalui perhubungan udara di Indonesia itu yang selalu beliau sampaikan ke saya selaku Kepala Bappenas.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading