Desain Tanggul Laut Jilid II: Tol Hingga Kereta di Reklamasi

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
02 July 2019 18:34
Tanggul laut di Teluk Jakarta kembali jadi program pemerintah pusat, desainnya sudah dibuat.
Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana program pembangunan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Tahap II kembali digulirkan pemerintah. Salah satu bagian penting NCICD Tahap II ini adalah pembangunan tanggul laut.

Staf Khusus Menteri PUPR Bidang SDA, Firdaus Ali, mengatakan bahwa memang saat ini pembangunan tanggul laut itu masih pada tahap perencanaan. Kendati demikian, Kementerian PUPR sudah menyiapkan desain tanggul yang akan dibangun di perairan utara Jakarta ini dengan harus melakukan reklamasi untuk pembangunan tanggul yang di atasnya ada tol hingga kereta.

"[Desainnya] sudah ada, tapi kan harus disempurnakan," ungkap Firdaus Ali kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Selasa (2/7/2019).



Penyempurnaan itu meliputi kemungkinan pelebaran tanggul dari desain semula. Selain itu, dia menyebut bahwa tanggul laut ini akan berfungsi sebagai tanggul terpadu.

"Terintegrasi nanti ada tol, kereta api, kawasan pantai, kawasan nelayan, dan water front city," bebernya.

Proyek ini digarap melibatkan Belanda, Korea Selatan, dan Jepang. Hanya saja, secara konkret dia tidak menjelaskan peran masing-masing pihak dalam proyek ini.

"Belanda, Korea, Jepang juga ikut terlibat ya. Mereka akan mengalokasikan sumber daya membantu pemerintah Indonesia khususnya Kementerian PUPR dalam hal memformulasikan hal-hal yang lebih detail terkait masalah teknis, pembiayaan, lingkungan, sosial, dan lain sebagainya," pungkasnya.




NCICD I sempat disiapkan sejak pemerintahan Presiden SBY yang menyelesaikan bagian tanggul pesisir. Kini, sudah memasukin tahap II untuk pembangunan tanggul di tengah laut, termasuk ada perubahan desain dari rancangan sebelumnya. 

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kapan Tanggul Laut Jilid II di Jakarta Tuntas Dibangun?


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading