Penampakan Tanggul Reklamasi Jilid II, Kok 'Garuda' Hilang?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
03 July 2019 15:52
Kementerian PU menyiapkan rancangan tanggul laut jilid II di Teluk Jakarta. Dulu berbentuk pulau-pulau reklamai
Kementerian PU dan Perumahan Rakyat melanjutkan program pengendalian banjir masa depan untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya. Program yang bernama  Pembangunan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Tahap II. Pada program NCICD tahap II akan ada pembangunan tanggul di atas laut.

Proyek tanggul ini memiliki beberapa tahap. Di Tahap I, proyek ini meliputi pembangunan tanggul di sisi pantai dan sungai untuk melindungi area kritis. Pembangunan tanggul fase darurat, sepanjang 4,5 Km dilakukan oleh Kementerian PUPR dan selebihnya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan partisipasi pihak swasta di daerah kritis tersebut.

Dari tahun 2014 ke tahun 2018 telah ada proses pembangunan tanggul pantai dan tanggul sungai. Telah dibangun tanggul sepanjang 20,1 km untuk melindungi area-area yang kritis, seperti di Muara Baru, Penjaringan yang tanahnya rendah dari permukaan laut.

Pada tahap II, akan ada pembangunan tanggul di atas laut yang membentang mengelilingi teluk Jakarta. Proses pembangunannya harus melalui proses reklamasi, yang pemanfaatan lahannya dipakai selain untuk tanggul juga untuk sarana jalan dan kereta. Semua rancangan ini ditargetkan selesai 20-30 tahun, dan membutuhkan dana sekitar Rp500 triliun. Pemerintah pusat menggandeng Korea Selatan, Jepang, dan Belanda.


Pada tahap I, sempat ada rancangan tanggul laut dilengkapi dengan banyak pulau reklamasi berbentuk burung "Garuda Raksasa". Namun, pada rancangan jilid II, desain itu sudah tak ada lagi, yang ada hanya bentangan pulau reklamasi dengan tanggul laut di Teluk Jakarta.

Berikut desain terkini tanggul laut jilid II di Jakarta.
Artikel Selanjutnya

Jokowi Butuh Rp 500 T Bangun Tanggul Laut Jilid II Jakarta


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading