Selain China, UE sampai Jepang Ditantang Trump Perang Dagang

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
14 May 2019 - 14:51
Jakarta, CNBC Indonesia - Perang dagang dengan China yang diprakarsai oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ternyata bukan satu-satunya konflik yang ada antara negara adidaya itu dengan mitra dagang utamanya.

Trump, yang berkampanye pada tahun 2016 untuk menindak apa yang ia sebut sebagai praktik dagang tidak adil, telah memicu perang dagang di lebih banyak negara. Melansir CNBC International, Selasa (14/5/2019), negara yang terlibat perselisihan dagang dengannya di antaranya adalah Kanada dan Meksiko hingga Uni Eropa (UE) dan Jepang.

Semua perang dagang itu terjadi menjelang pemilihan umum presiden pada 2020 mendatang, dan ini memaksa Trump untuk memperbaiki kembali hubungan dagang AS dengan mitranya itu.


Trump menghadapi jalan yang sulit untuk menindaklanjuti agenda perdagangannya sambil menghindari kerugian terhadap ekonomi AS yang kuat.


Dia harus memutuskan apakah akan mengenakan bea masuk terhadap US$325 miliar produk China yang belum terkena bea impor. Dia juga ingin membuat pembaruan pada Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), tetapi beberapa anggota parlemen ingin Trump menghapuskan tarif impor baja dan aluminium pada Kanada dan Meksiko sebelum mereka menyetujui kesepakatan itu.

Trump sudah mengenakan bea impor baja dan aluminium terhadap Uni Eropa (UE). Dalam beberapa hari mendatang, Trump akan memutuskan apakah dia akan mengenakan bea masuk pada mobil Eropa. UE dapat membalas jika Trump merealisasikan ancamannya.

Berikut adalah beberapa negara yang terlibat perang dagang dengan Trump.


BERLANJUT KE HALAMAN 2


(prm)
1 dari 5 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading