Selain China, UE sampai Jepang Ditantang Trump Perang Dagang

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
14 May 2019 14:51
Kanada dan Meksiko

Kanada dan Meksiko

Tahun lalu, pemerintahan Trump juga menjatuhkan bea masuk 25% untuk baja dan 10% untuk aluminium ke negara tetangganya, Kanada dan Meksiko, yang langsung membalas.

Kanada membalas dengan mengenakan bea impor atas ekspor AS senilai lebih dari US$12 miliar, termasuk wiski dan sirup maple. Meksiko juga mengenakan bea impor pada barang-barang Amerika senilai sekitar US$3 miliar.

Selain China, EU sampai Jepang Ditantang Trump Perang DagangFoto: Presiden AS Donald Trump, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto menghadiri upacara penandatanganan USMCA sebelum pertemuan para pemimpin G20 di Buenos Aires, Argentina 30 November 2018. REUTERS / Kevin Lamarque

Kedua negara dilaporkan telah mempertimbangkan tindakan pembalasan baru untuk menekan AS agar membatalkan bea masuk pada baja.


Kongres, dan khususnya Dewan yang dikuasai Demokrat, telah tidak menunjukkan ketergesa-gesaan dalam upaya meratifikasi perjanjian pembaruan untuk NAFTA, yang oleh Trump dijuluki Perjanjian Amerika Serikat Meksiko Kanada (USMCA). Pemerintahan Trump dan pemerintah Meksiko dan Kanada telah mendorong ratifikasi secepat mungkin pada musim panas ini.


Bea impor telah menghalangi kemajuan menuju kesepakatan. Ketua Komite Keuangan Senat Chuck Grassley, Perwakilan Iowa, telah mendorong presiden untuk menghapuskan bea masuknya sebelum Kongres meratifikasi perjanjian tersebut.

Trump sejauh ini menunjukkan keengganan untuk memangkas tarif impornya.


BERLANJUT KE HALAMAN 4


(prm)
3 dari 5 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading