Trump Ancam Eropa Gara-gara Laba Harley Davidson Anjlok

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
24 April 2019 07:06
Trump Ancam Eropa Gara-gara Laba Harley Davidson Anjlok
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berjanji akan membalas bea impor Uni Eropa (UE) yang disebutnya tidak adil setelah produsen sepeda motor besarĀ Harley Davidson melaporkan anjloknya laba kuartal pertama tahun ini.

Harley menyebut pengenaan bea masuk itu sebagai salah satu dari penyebab labanya turun tajam 27% di tiga bulan pertama 2019.

Trump, yang sebelumnya menyerukan boikot terhadap perusahaan sepeda motor itu tahun lalu menyusul perdebatan soal tarif baja, mengatakan bea impor UE telah memaksa Harley memindahkan pabriknya dari AS ke luar negeri.


"Sangat tidak adil bagi AS. Kami akan Membalas!" tulisnya di Twitter.


Harley tahun lalu mengumumkan rencana untuk memindahkan produksi sepeda motor yang ditujukan untuk pasar Eropa ke perusahaan lain di luar AS demi menghindari bea masuk yang dikenakan UE. Blok tersebut menjatuhkan bea impor untuk membalas bea masuk yang dikenakan Trump terhadap produk baja dan aluminium.

Sebagai respons atas rencana Harley tersebut, Trump sempat menyerukan boikot terhadap pabrikan itu dan mengancam akan mengenakan pajak yang lebih tinggi, dilansir dari CNBC International.

Gedung Putih belum merespons permintaan untuk berkomentar, Selasa.


Harley mengatakan perusahaan tidak berencana untuk mengalihkan pekerjaan dari AS ke luar negeri namun memindahkan produksi sepeda motor untuk UE ke pabriknya di Thailand yang baru didirikan akhir tahun lalu untuk mendukung konsumennya di wilayah Asia Tenggara. Tidak ada lapangan kerja di AS yang terdampak pemindahan tersebut.

Harley pada Selasa mengatakan jatuhnya permintaan, biaya yang lebih tinggi akibat bea impor AS terhadap bahan mentah, dan bea masuk Eropa terhadap sepeda motornya memukul capaian laba perusahaan.

Pabrikan itu mengatakan laba bersih kuartal pertamanya mencapai US$127,9 juta atau lebih rendah dari US$174,8 juta dibandingkan periode yang sama di 2018, turun 26,8%.

Pendapatan dari sepeda motor dan produk terkait lainnya turun 12,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi US$1,19 miliar.


Saksikan video mengenai Harley Davidson berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading