Internasional

Ketegangan Perdagangan AS Mengintai Eropa

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
22 February 2019 11:31
Ketegangan Perdagangan AS Mengintai Eropa
Jakarta, CNBC Indonesia - Para pejabat Amerika Serikat (AS) pada hari Kamis (21/2/2019) menambah tekanan terhadap Uni Eropa (UE) untuk membahas masalah pertanian yang sudah berlangsung lama antara kedua wilayah.

Ini adalah upaya terbaru AS untuk membuat UE mau membahas produk pertanian dalam negosiasi dagang mereka.

Para negosiator UE mengatakan mereka tidak ingin memasukkan pertanian sebagai topik dalam diskusi bilateral keduanya. Pembicaraan itu merupakan salah satu dari serangkaian negosiasi yang telah dimulai Amerika Serikat untuk membuat aturan perdagangan yang lebih baik.


Para negosiator AS juga sedang mengupayakan kesepakatan perdagangan baru dengan Jepang dan minggu ini akan bertemu dengan para pejabat China di Washington untuk menyepakati perjanjian lainnya.



Berbicara kepada peserta forum tahunan Departemen Pertanian AS (USDA), Kepala Perunding Pertanian di kantor Perwakilan Dagang AS (USTR) Gregg Doud mengatakan sudah saatnya bagi Uni Eropa untuk "menjalankan program" pada berbagai masalah seperti bioteknologi atau bahan rekayasa genetika yang dikenal sebagai GMO.

"Saya tidak bisa mengungkapkan rasa frustrasi saya terhadap sektor pertanian Eropa dan cara mereka berurusan dengan hal-hal seperti bioteknologi, cara mereka menangani hal-hal seperti hormon daging sapi," kata pejabat USTR Gregg Doud kepada peserta di Agricultural Outlook Forum USDA, dilansir dari Reuters.


Ketegangan Perdagangan AS Mengintai EropaFoto: infografis/Musuh-musuh Perang Dagang Trump/Aristya Rahadian Krisabella

"Politisi mereka, Anda mengajukan pertanyaan kepada mereka, dan mereka berkata, 'Yah, mungkin saya perlu memeriksakan pada Greenpeace sebelum saya menjawab.'" katanya.

AS telah mengatakan proses panjang UE untuk mendapatkan persetujuan bioteknologi telah memperlambat inovasi dan membatasi akses AS ke pasar Eropa.

Wakil Menteri Perdagangan dan Pertanian Luar Negeri USDA Ted McKinney mengatakan bahwa peraturan di UE membutuhkan perubahan.



Kedua pejabat telah menekankan bahwa penting bagi Amerika Serikat untuk segera melakukan pembicaraan dengan Jepang. Para petani AS telah banyak dirugikan dengan mengubah kebijakan perdagangan di bawah kepemimpinan Presiden Republik Donald Trump.

Penggunaan tarif impor oleh AS untuk membuat berbagai negara mau mengadakan diskusi perdagangan telah memicu aksi balasan terhadap produk AS, terutama di sektor pertanian.

Bea masuk China untuk berbagai produk termasuk kedelai, sorgum, dan etanol telah memangkas jumlah permintaan atas berbagai produk pertanian AS di salah satu pasar utamanya.


Saksikan video mengenai nasib Harley Davidson di Eropa dan Indonesia berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading