Internasional

Hindari Perang Dagang, UE Buka Pintu Perundingan dengan AS

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
16 April 2019 07:41
Hindari Perang Dagang, UE Buka Pintu Perundingan dengan AS
Jakarta, CNBC Indonesia - Negara-negara Uni Eropa (UE) pada Senin (15/04/2019) memberi lampu hijau bagi Brussels untuk membuka pembicaraan perdagangan dengan Washington, meskipun Prancis masih memberi penolakan, kata beberapa sumber UE.

Ke-28 negara anggota UE telah berbulan-bulan berupaya untuk menyepakati mandat yang membuka pembicaraan dagang dengan AS. Beberapa negara khawatir bahwa semakin lama keputusan itu diambil, semakin terbuka kemungkinan perang dagang dengan Presiden AS Donald Trump terjadi.



Sumber dari UE mengatakan Prancis memilih menentang mandat tersebut dan Belgia memilih abstain dalam pertemuan para menteri Uni Eropa di Luksemburg, dilansir dari AFP.


Mencapai kesepakatan perdagangan terbatas adalah elemen kunci dari gencatan senjata yang dinegosiasikan pada Juli lalu yang hampir berantakan setelah AS mengancam akan menjatuhkan bea masuk baru terhadap berbagai produk Eropa senilai US$ 11 miliar.

Paris memilih menentang mandat tersebut karena khawatir akan tekanan politik dari dalam negeri beberapa bulan menjelang pemilihan Eropa yang akan dilangsungkan pada 23-26 Mei.



Presiden Prancis Emmanuel Macron berkeras agar AS terlebih dahulu kembali masuk ke dalam perjanjian iklim Paris setelah Trump keluar dari pakta tersebut pada 2017,. Langkah Trump itu membuat geram Macron. (prm/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading