Internasional

Perang Dagang, UE Incar Tarif Rp 316,4 T dari Produk AS

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 April 2019 07:19
Perang Dagang, UE Incar Tarif Rp 316,4 T dari Produk AS
Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi Uni Eropa telah menyusun daftar barang impor AS yang akan dikenaikan tarif bea masuk tinggi dengan nilai US$22,6 miliar atau setara Rp 316,4 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000). Tarif ini adalah balasan atas ancaman Presiden Trump yang ingin naikkan tarif bea masuk produk Eropa.

Pada Selasa (10/4/2019), Presiden Donald Trump mengancam akan mengenakan tarif para produk Uni Eropa senilai US$11 miliar karena tidak senang dengan kebijakan Uni Eropa yang mensubsidi Airbus. Trump menyebut kebijakan tersebut sebagai subsidi yang tidak adil.


Komisi Uni Eropa pada awal pekan ini mengatakan mereka telah memulai persiapan penanggulangan dalam kasus Boeing. Hal ini mengisyaratkan masih terbuka ruang untuk pembicaraan dengan AS, asalkan diplomasi tersebut tanpa prasyarat dan bertujuan mencapai hasil yang adil.


Seorang Diplomat UE mengatakan Komisi Eropa diharapkan akan menerbitkan daftar produk tersebut pada 17 April dan memulai proses konsultasi publik, setelah itu daftar itu kemudian bisa disesuaikan.

"Bisa dibilang Komisi sedang mempersiapkan lebih awal, diprovokasi oleh A.S.," kata seorang diplomat UE, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (13/4/2019).

Perselisihan antara AS dan Eropa mengenai saling klaim bantuan ilegal kepada produsen pesawat masing-masing untuk membantu mereka mendapatkan keuntungan telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Kasus ini, yang telah bergulir melalui WTO selama hampir 15 tahun, mendekati tahap akhir arbitrase setelah kemenangan parsial untuk kedua belah pihak.

Serangan Trump terhadap UE terjadi ketika pemerintahannya mencoba menuntaskan kesepakatan perdagangan dengan China setelah mengenakan tarif hukuman pada barang-barang China senilai $ 250 miliar.

Uni Eropa diharapkan minggu depan untuk memberikan izin akhir bagi dimulainya pembicaraan perdagangan formal dengan AS yang dapat mengarah pada penghapusan bea atas barang-barang industri dan mengurangi ketegangan keduanya.

Namun, pembicaraan itu menghadapi serangkaian rintangan. Salah satunya, AS berkeras akses pasar untuk produk pertaniannya menjadi yang akan dibahas dalam negosiasi, sesuatu yang telah dikesampingkan UE.

Simak video tentang Trump tabuh genderang perang dengan Uni Eropa di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading