Negara-negara Eropa Kopdar Bahas AS dan China, Ada Apa?

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
05 October 2021 18:58
uni eropa

Jakarta, CNBC Indonesia - Para pemimpin negara-negara Uni Eropa (UE) dijadwalkan akan mengadakan pertemuan pada Selasa (5/10/2021).

Sebagaimana diwartakan AFP, Ke-27 kepala negara dan pemerintahan akan bertemu di Kastil Brdo di Slovenia, negara yang saat ini menjabat sebagai presiden bergilir UE.

Pertemuan itu akan membahas agenda geopolitik dunia, khususnya dengan hubungan antara Benua dengan Amerika Serikat (AS) dan China yang semakin rumit.


"Para pemimpin akan mengadakan diskusi strategis tentang peran UE di panggung internasional," ujar surat undangan yang dikirim oleh Ketua Dewan UE Charles Michel.

Prancis sendiri masih kesal dengan keputusan bulan lalu oleh Australia untuk membatalkan kesepakatan kapal selam Prancis senilai puluhan miliar dolar demi tawaran AS dalam aliansi militer AUKUS.

Dengan kemarahan yang masih membara, Presiden Prancis Emmanuel Macron diperkirakan akan kembali memperingatkan pada pembicaraan bahwa kesetiaan dekat Washington ke Benua Biru akan terancam.

Di sisi lain, Presiden AS Joe Biden menekankan blok itu adalah mitra fundamental bagi Washington dalam panggilan telepon dengan kepala Uni Eropa Ursula von der Leyen.

"Ini akan menjadi kesalahan untuk berpura-pura bahwa tidak ada yang terjadi," kata sumber kepresidenan Prancis.

Sementara itu, dengan China, hubungan UE diketahui menjadi cukup tegang. Ini terjadi saat kesepakatan investasi UE-China yang diinisiasi oleh Jerman ditunda tanpa batas waktu setelah kedua belah pihak saling menjatuhkan sanksi atas perlakuan terhadap minoritas Muslim Uyghur di China.

Lebih lanjut, masalah-masalah tersebut disebutkan akan dibahas lebih dalam lagi dalam pertemuan puncak UE di Brussels pada 21-22 Oktober mendatang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Maaf Mr Biden! Covid AS Mengganas, Eropa Lakukan Pembatasan


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading