Riwayat Pak Pos, Sang Legenda yang Terancam Tinggal Nama

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
07 February 2019 09:22
Jakarta, CNBC Indonesia - Pak Pos, sebuah istilah yang melegenda karena peran besar yang pernah ditorehkannya. Sebutan tersebut merujuk pada petugas pengantar surat PT Pos Indonesia (Persero). Ya, Pak Pos memang pernah memiliki peran penting bagi denyut nadi surat-menyurat di Tanah Air.

Ini tidak lepas dari sejarah panjang PT Pos Indonesia itu sendiri, yang notabene salah satu perusahaan legendaris di Indonesia. Keberadaannya sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, tepatnya tahun 1746 dan terus mengalami evolusi hingga kini.

Pada masa keemasannya, PT Pos Indonesia menjadi andalan bagi setiap orang yang ingin berkomunikasi jarak jauh. Kala itu, kedatangan Pak Pos pun senantiasa dinantikan para pengguna jasa yang ingin mendapatkan kabar terbaru dari para kerabat di tempat jauh.


Seiring berkembangnya zaman, digitalisasi mulai menggerus peran PT Pos Indonesia. Pak Pos tidak lagi jadi andalan dan bukan pula satu-satunya pilihan. Banyak platform komunikasi lain yang dapat dimanfaatkan warga, yang lebih efisien dan efektif.

Masyarakat pun, terutama kalangan milenial, tidak banyak lagi yang sempat memiliki hubungan intens dengan Pak Pos. Namun demikian, ada sejumlah warga yang masih kerap memanfaatkan jasa PT Pos Indonesia.

Riwayat Pak Pos, Sang Legenda yang Terancam Tinggal NamaFoto: Infografis/Begini Sejarah PT Pos Sejak Zaman Kompeni/Arie Pratama
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading