Internasional

Setelah SpaceX, Elon Musk Juga Akan PHK Karyawan Tesla

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
18 January 2019 18:20
Setelah SpaceX, Elon Musk Juga Akan PHK Karyawan Tesla
Jakarta, CNBC Indonesia - Tesla memangkas jumlah staf penuh waktu sekitar 7%, karena akan meningkatkan produksi sedan Model 3-nya, kata CEO Elon Musk dalam pernyataan perusahaan, Jumat (18/01/2019).

Pemutusan hubungan kerja (PHK) itu terjadi akibat berbagai langkah-langkah pemotongan biaya yang telah dilakukan perusahaan akhir-akhir ini demi meningkatkan margin dan meningkatkan profitabilitas.



Saham Tesla turun hampir 6% dalam perdagangan premarket setelah berita tersebut beredar.


Laporan ini muncul setelah sebelumnya Musk mengatakan akan merumahkan sekitar 600 karyawan SpaceX.

"Tesla akan perlu melakukan pemangkasan ini sambil meningkatkan produksi Model 3, dan membuat banyak perbaikan teknik manufaktur dalam beberapa bulan mendatang," kata Musk dalam email yang dikirim ke karyawan Tesla, dilansir dari CNBC International.

"Berusaha membangun produk energi bersih yang terjangkau dalam skala yang besar membutuhkan upaya ekstrem dan kreativitas tanpa henti, tetapi keberhasilan dalam misi kami adalah penting untuk memastikan bahwa masa depan akan baik, jadi kami harus melakukan segala yang kami bisa dalam mewujudkan tujuan itu," tambahnya.


Awal pekan ini, perusahaan menghentikan versi sedan Model S dan SUV Model X yang paling murah. Musk mengatakan perusahaan juga akan membuang program rujukan pelanggannya, yang memberi tunjangan seperti pengisian daya gratis selama enam bulan, karena itu "menambah terlalu banyak biaya untuk mobil."

Musk mengatakan Tesla menghadapi "tantangan yang sangat sulit" dalam membuat kendaraan listrik dan produk tenaga surya alternatif yang kompetitif bila dibandingkan dengan kendaraan tradisional dan produk energi yang mengandalkan bahan bakar fosil.

Setelah SpaceX, Elon Musk Juga Akan PHK Karyawan TeslaFoto: Tesla Model X (Foto: www.tesla.com)

"Mulai sekitar bulan Mei, kami perlu mengirimkan setidaknya varian Model 3 kisaran menengah di semua pasar, karena kami perlu menjangkau lebih banyak pelanggan yang mampu membeli kendaraan kami," kata Musk.

"Selain itu, kami harus terus membuat kemajuan menuju varian Model 3 dengan harga lebih murah."

Versi termurah dari Model 3 saat ini harganya US$44.000 (Rp 624 juta) dan perusahaan sedang merencanakan merilis versi senilai US$35.000.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading