Internasional

Efisensi, Elon Musk akan PHK 600 Karyawan SpaceX

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
12 January 2019 20:51
Efisensi, Elon Musk akan PHK 600 Karyawan SpaceX
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan roket milik Elon Musk, SpaceX akan melakukan pengurangan karyawan sekitar 10%. Saat ini jumlah karyawan SpaceX 6.000-an karyawan. Alasannya ada tantangan yang lebih sulit di masa depan.

"Untuk terus melanjutkan pemberian pelanggan kami dan untuk mengembangkan pesawat ruang angkasa antarplanet dan Internet berbasis ruang global, SpaceX harus menjadi perusahaan yang lebih ramping, " ujar juru bicara SpaceX melalui email, seperti dikutip dari Reuters.

Pada bulan Juni, Elon Musk memecat setidaknya tujuh orang di tim manajemen senior yang memimpin proyek peluncuran satelit SpaceX. Pemecatan itu terkait adanya perbedaan pandangan dalam pengembangan dan pengujian satelit Starlink.


Program Starlink SpaceX bersaing dengan OneWeb dan Telesat Kanada untuk menjadi yang pertama memasarkan layanan internet berbasis satelit baru.

Perombakan manajemen ini melibatkan Elon Musk yang membawa manajer baru dari markas SpaceX di California untuk menggantikan sejumlah manajer yang dipecatnya di Seattle.

Pada bulan Desember, Wall Street Journal melaporkan bahwa SpaceX mengumpulkan US$ 500 juta, menjadikan valuasinya menjadi $ 30,5 miliar.

Perusahaan yang berbasis di Hawthorne, California sebelumnya telah menguraikan rencana perjalanan ke Mars pada tahun 2022, yang akan diikuti oleh misi berawak ke planet merah pada tahun 2024.

Perusahaan Elon Musk lainnya, pembuat mobil listrik Tesla Inc, mengatakan pada bulan Juni bahwa mereka memangkas 9 persen tenaga kerjanya dengan menghilangkan beberapa ribu pekerjaan di seluruh perusahaan dalam langkah-langkah pengurangan biaya.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading