Internasional

Kandaskan Mosi Tidak Percaya, PM Inggris Tetap Berkuasa

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
17 January 2019 07:05
Kandaskan Mosi Tidak Percaya, PM Inggris Tetap Berkuasa
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintahan Inggris yang dipimpin Perdana Menteri Theresa May memenangkan pemungutan suara mosi tidak percaya yang dilakukan parlemen.

Ini berarti May berhasil mempertahankan jabatannya sebagai pemimpin pemerintahan Inggris meski baru saja rancangan perjanjian Brexit-nya ditolak parlemen yang sama.



Para anggota parlemen rendah Inggris, House of Commons, memutuskan menolak mosi yang diajukan pimpinan kubu oposisi, Jeremy Corbyn, dengan hasil pemungutan suara 325-306.


Segera setelah pemungutan suara itu, May mengatakan pemerintahannya akan melanjutkan upaya mewujudkan Brexit dan mengatakan sudah tugasnyalah untuk menemukan jalan keluar yang bisa disepakati parlemen, dilansir dari CNBC International.

Kandaskan Mosi Tidak Percaya, PM Inggris Tetap BerkuasaFoto: Perdana Menteri Inggris( Theresa May saat pembahasan Brexit (Mark Duffy, House of Commons via AP)

May mendapat dukungan dari partai Irlandia Utara, DUP, dan para anggota Partai Konservatif yang sebelumnya memberikan suara untuk menolak rancangan perjanjian Brexit yang ia ajukan.

Selasa malam, para anggota parlemen menolak usulan May itu dengan komposisi suara 432-202 yang menjadi kekalahan pemerintah terburuk dalam sejarah Inggris modern.


Jika mosi tidak percaya itu disepakati, pemerintah Inggris memiliki waktu 14 hari untuk membentuk pemerintahan baru yang disetujui House of Commons. Jika tidak, pemilihan umum harus diadakan.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading