Internasional

Petinggi Mitsubishi Bertemu, Bahas Pencopotan Carlos Ghosn

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
26 November 2018 15:03
Petinggi Mitsubishi Bertemu, Bahas Pencopotan Carlos Ghosn
Tokyo, CNBC Indonesia - Para anggota dewan Mitsubishi Motor Corp akan bertemu, Senin (26/11/18), untuk mencopot Carlos Ghosn dari perannya sebagai chairman menyusul penangkapan dan pelengserannya dariposisi chairman mitra aliansiĀ Nissan Motor Co minggu lalu. Ghosn diduga melakukan pelanggaran keuangan.

Pencopotan Ghosn oleh dewan Mitsubishi yang beranggotakan delapan orang yang bertemu di markas besar pabrikan otomotif itu di Tokyo sore waktu setempat akan mengakhiri kepemimpinannya di produsen mobil Jepang tersebut.


Nissan memegang 34% saham pengendali di Mitsubishi Motors dan memiliki dua eksekutif di dewan. Wakil direktur lainnya adalah CEO Osamu Masuko yang mengatakan pada minggu lalu aliansi mungkin sulit dikelola tanpa Ghosn.


Nissan mencopot Ghosn pada pertemuan dewan Kamis lalu, tetapi Renault menahan diri dari memecatnya sebagai chairman dan CEO. Ghosn membantah tuduhan terhadap dirinya, NHK melaporkan, Minggu.

Sementara produsen mobil telah menekankan bahwa pekerjaan dan bisnis berjalan seperti biasa, Nissan telah menunda peluncuran mobil listrik Leaf-nya yang berperforma tinggi "untuk memastikan bahwa peluncuran produk penting ini menerima perhatian yang layak," kata juru bicara Nissan, dilansir dari Reuters, Senin (26/11/18).


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading