Internasional

Ghosn Bikin Nissan Tanggung Kerugian Investasi Pribadinya

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
27 November 2018 15:24
Ghosn Bikin Nissan Tanggung Kerugian Investasi Pribadinya
Tokyo, CNBC Indonesia - Carlos Ghosn, mantan chairman pabrikan mobil asal Jepang Nissan Motor Co, mengalihkan kerugian investasi pribadinya yang terjadi selama krisis keuangan tahun 2008 kepada perusahaan. Hal itu ia lakukan agar terhindar dari kerugian senilai jutaan dolar yang harus ia tanggung sendiri, surat kabar Asahi Shimbun melaporkan, Selasa (27/11/2018).



Dengan mengutip dari beberapa sumber anonim, surat kabar itu mengatakan ketika bank Ghosn meminta lebih banyak jaminan darinya, ia malah menyerahkan hak atas perdagangan derivatif Nissan, yang secara efektif memikul kerugian 1,7 miliar yen (Rp 217,8 miliar).

Japan's Securities and Exchange Surveillance Commission (SESC) menemukan insiden ini dalam inspeksi rutin tahun itu, kata Asahi yang dikutip Reuters.


Nissan mengatakan tidak dapat mengomentari laporan itu. Seorang juru bicara SESC mengatakan pengawas tidak dapat berkomentar mengenai kasus-kasus individual.



Ghosn ditahan di rumah tahanan di Tokyo setelah penangkapannya pekan lalu karena diduga melakukan pelanggaran keuangan, termasuk tidak melaporkan seluruh penghasilannya selama bertahun-tahun. Dia telah membantah tuduhan tersebut, NHK melaporkan.

Ghosn, yang dipecat dari jabatannya sebagai chairman Nissan pekan lalu, juga dipecat sebagai chairman mitra aliansi Mitsubishi Motors Corp, Senin.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading