Internasional

Gedung Putih Sebut AS-China Buka Lagi Pembicaraan Dagang

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
14 November 2018 07:21
Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow pada hari Selasa mengatakan Amerika Serikat (AS) telah membuka lagi pembicaraan perdagangan dengan China.
Jakarta, CNBC Indonesia - Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow pada hari Selasa (13/11/2018) mengatakan Amerika Serikat (AS) telah membuka lagi pembicaraan perdagangan dengan China.

"Saya kira ini sangat, sangat, sangat positif," ujarnya kepada CNBC International. Ia mengonfirmasi bahwa Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin telah memulai lagi diskusi dagang dengan pemerintah China.


Presiden Donald Trump awal bulan ini mengatakan telah berbincang dengan Presiden China Xi Jinping dan kedua pihak berencana membicarakan hubungan dagang dalam pertemuan G20 akhir November di Buenos Aires, Argentina. Negosiasi dagang AS-China telah menemui jalan buntu di tengah meningginya ketegangan perang tarif impor.


Komunikasi antarkedua negara saat ini ada di level pemerintah dan Kudlow mengatakan ia telah berbicara dengan Mnuchin mengenai hal ini sebagai bagian dari persiapan pertemuan akhir bulan nanti.

Kudlow menambahkan bahwa AS juga berkomunikasi sangat baik dengan Uni Eropa dan Jepang.

"Diskusi perdagangan kami terus membuat kemajuan," ujarnya.


Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri China Liu He dikabarkan akan mengunjungi Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat untuk berbicara dengan rekan dagangnya itu. Pertemuan ini dimaksudkan untuk meredakan ketegangan perdagangan jelang pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Dua sumber dari kedua belah pihak mengonfirmasi hal tersebut kepada South China Morning Post namun mengatakan jadwal pembicaraan itu belum diputuskan.
Artikel Selanjutnya

AS: Tak Ada Kesepakatan Dagang dengan China dalam Waktu Dekat


(prm)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading