Internasional

Wakil PM China Dikabarkan ke AS, Siapkan Pertemuan Xi-Trump

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
13 November 2018 16:25
Wakil PM China Dikabarkan ke AS, Siapkan Pertemuan Xi-Trump
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Perdana Menteri China Liu He akan mengunjungi Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat untuk berbicara dengan rekan dagangnya itu. Pertemuan ini dimaksudkan untuk meredakan ketegangan perdagangan jelang pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Dua sumber dari kedua belah pihak mengonfirmasi hal tersebut kepada South China Morning Post namun mengatakan jadwal pembicaraan itu belum diputuskan.



Xi dan Trump pekan lalu sepakat untuk bertemu di sela-sela rapat G20 di Argentina akhir bulan ini. Beberapa pengamat diplomasi mengatakan Liu mungkin mengunjungi Washington untuk mempersiapkan pertemuan antara kedua pemimpin.


Hari Sabtu di Beijing, Liu mengatakan kepada mantan Menteri Luar Negeri As Henry Kissinger bahwa China dan AS harus menyelesaikan perseteruan ekonomi kedua negara dengan prinsip saling menghormati, kesetaraan, dan saling menguntungkan, dilansir dari South China Morning Post.

Rencana kunjungan tersebut muncul setelah perbincangan di telepon hari Jumat antara Liu dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin yang gagal mencapai terobosan, menurut Wall Street Journal.



AS dan China, dua perekonomian terbesar di dunia, telah terlibat dalam perang dagang yang berlangsung sejak awal tahun. Kedua negara saling mengenakan bea impor terhadap masing-masing produk impornya senilai miliaran dolar. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading