Benarkah Pertamina Tak Siap Naikkan Harga Premium?

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
11 October 2018 10:50
Benarkah Pertamina Tak Siap Naikkan Harga Premium?
Jakarta, CNBC Indonesia- Baru selang satu jam setelah mengumumkan harga bbm Premium akan dinaikkan, pemerintah memutuskan untuk menunda kenaikan itu. Alasannya, evaluasi kesiapan dari Pertamina.

"Iya, ditunda, mungkin karena menurut kami Pertamina belum siap, jadi dievaluasi lagi ya," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja sama (KLIK) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi saat dihubungi, Rabu (10/10/2018).




Memangnya, seberapa siapkah Pertamina naikkan harga BBM Premiumnya? VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito mengatakan perusahaan memang akan membahas perihal kenaikan harga Premium dengan pemegang saham terlebih dahulu.

"Kenaikan Premium, ini Pertamina sedang bahas dengan pemegang saham. Pertamina butuh waktu untuk persiapan. Ini kajian komprehensif dari mulai harga sampai kesiapan di lapangannya seluruh Indonesia," ujar Adiatma ketika dihubungi Rabu (10/10/2018).

Menunggu kesiapan yang dimaksud salah satunya yakni terkait masalah harga, melihat harga minyak tiga bulan terakhir. Adapun, terkait pasokannya, Adiatma mengklaim tidak ada masalah.



"Pasokan tidak ada masalah, ini lebih kepada masalah harga dan keputusannya. Premium ini kan JBKP (jenis bahan bakar minyak khusus penugasan), Ini ada di Perpres 191/2014, ini kewenangan pemerintah. Pertamina melaksanakan apa yang diputuskan pemerintah," kata Adiatma.

Sebelum ada drama naik turun harga Premium ini, Pertamina sebenarnya sudah menaikkan harga BBM non-subsidi di SPBU, khususnya Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non PSO mulai Rabu (10/10/2018), dan berlaku di seluruh Indonesia, kecuali di wilayah yang terkena bencana alam di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah sementara ini harga tidak naik. 

Kenaikan harga Pertamax Cs tersebut, berdasar informasi yang diterima CNBC Indonesia dari seorang pejabat di Pertamina, juga baru ditentukan pada pagi hari pukul 08.30 WIB. Toh, dalam waktu sekian jam, jam 11.00 WIB kenaikan harga langsung berlaku dan tanpa masalah.

Harga Pertamax di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya menjadi Rp 10.400/liter, Pertamax Turbo Rp 12.250/ liter, Pertamina Dex Rp 11.850/liter, Dexlite Rp 10.500/liter, dan Biosolar Non PSO Rp 9.800/liter. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading