Pemerintah Siapkan Aturan Khusus untuk Taksi Online

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
26 August 2018 19:54
Pemerintah Siapkan Aturan Khusus untuk Taksi Online
Jakarta, CNBC Indonesia-Kementerian Perhubungan berencana untuk membuat peraturan tersendiri mengenai taxi online.

Peraturan ini akan dibuat sambil menunggu keputusan dari gugatan beberapa pihak ke Mahkamah Agung terkait penerapan Peraturan Menteri No.108 Tahun 2017 untuk taksi online. Direktur Angkutan dan Multi Moda Kementerian Perhubungan Ahmad Yani menjelaskan, taksi online memang membutuhkan peraturan tersendiri karena kebutuhannya berbeda.




"Kalau yang Peraturan Menteri No.108 kan ada banyak, ada kendaraan pariwisata, taksi dan ada yang lain, nanti mungkin sendiri,"papar dia di Kawasan Kota Tua, Minggu (26/8/2018).

Pihaknya pun akan memasukkan taksi online dalam kategori tersendiri. Sebelumnya, angkutan taksi online dimasukkan dalam kategori angkutan sewa kendaraan."Nanti mungkin ada yang lain, kami carikan yang pas,"ucap dia.

Pemerintah sebelumnya mengatur mengenai taksi online dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Namun peraturan tersebut kembali digugat ke Mahkamah Agung.

"Kemarin digugat lagi, direktur jenderal saat ini sedang mempersiapkan materi apa saja dalam gugatan tersebut,"jelas dia. Selama menunggu keputusan MA tersebut, sejauh ini Peraturan Menteri No.108 tersebut belum diterapkan. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading