Belum Berlaku Penuh, Aturan Taksi Online Rawan Digugat?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
30 December 2018 17:40
Belum Berlaku Penuh, Aturan Taksi Online Rawan Digugat?
Jakarta, CNBC Indonesia - Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 118 Tahun 2018 telah resmi diundangkan. Aturan terkait taksi online itu baru akan berlaku penuh pada pertengahan 2019 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi tidak menampik adanya kemungkinan gugatan dari pihak-pihak yang tidak sepakat dengan regulasi tersebut. Apalabi, aturan taksi online, yaitu PM 108, sebelumnya sempat dibatalkan oleh Mahkamah Agung (MA).




"Jangankan yang ini, semuanya bisa saja masyarakat kalau mau [gugat] silakan saja. Kalau mau ya," ungkapnya kepada CNBC Indonesia di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Meski begitu, Budi juga mempertanyakan motivasi pihak-pihak yang akan menggugat. Pasalnya, Permenhub Nomor 118 ini sudah mengakomodir semua pihak dari berbagai kepentingan.

"Saya pikir ini kan kita sudah melibatkan semua orang, semua pihak di situ. Jadi ya tergantung, kalau mau digugat lagi apa maunya orang yang mau menggugat. Sekarang yang membuat juga mereka," tandasnya.
Belum Berlaku Penuh, Aturan Taksi Online Rawan Digugat?Foto: Aristya Rahadian Krisabella

Lebih jauh, dikatakan bahwa saat ini yang perlu juga menjadi perhatian adalah sejumlah poin kebijakan di daerah. Sebagaimana diketahui, beberapa aspek seperti kuota dan tarif, perlu diatur lebih lanjut melalui kewenangan pemerintah daerah.

"Kita kontrol saja supaya pemda juga punya kewenangan mengatur masalah ini. Kan sekarang misalnya kendaraannya kan sudah cukup banyak, nah kuota yang sudah ditentukan itu bisa dilakukan pembahasan kembali," kata Budi.

Dia mengingatkan agar dalam pembahasan perlu kehati-hatian agar tidak terjadi resistensi yang justru berdampak negatif. "Karena kalau nanti kuotanya sesuai dengan keputusan lama, sedangkan yang sudah ada cukup banyak pasti akan terjadi ketidakseimbangan, mungkin ketidaksukaan dari para pengemudi," bebernya.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading