Siap-siap! Aturan Taksi Online Berlaku Penuh Juni 2019

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
13 February 2019 16:11
Siap-siap! Aturan Taksi Online Berlaku Penuh Juni 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setyadi, menegaskan aturan taksi online baru akan berlaku penuh pada Juni 2019. Aturan yang dimaksud, yakni Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 118 tahun 2018.

Regulasi itu secara resmi diundangkan pada akhir 2018 lalu, namun belum diberlakukan penuh.

"Kita memasuki tahap akhir sosialisasi kepada yang terkait termasuk asosiasi," ungkap Budi Setyadi dalam jumpa pers di Kantor Kemenhub, Rabu (13/2/2019).




Dia pun menegaskan, Kemenhub sudah meminimalisasi potensi dimentahkannya aturan ini oleh Mahkamah Agung (MA). Dikatakan, terdapat perubahan substansi pada aturan ini jika dibandingkan Permenhub No 108 Tahun 2017 yang sebelumnya dibatalkan MA beberapa pasalnya.

"Ini saya kira sebagaimana arahan pak Menhub kalau selalu digugat kapan kita mau kerja. Jadi sosialisasi pengemudi dan regulator sehingga regulasi itu hasil diskusi pembahasan dengan semua yang terkait," ujarnya.

Siap-siap! Aturan Taksi Online Berlaku Penuh Juni 2019Foto: Konferensi pers Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub di kantor Kemenhub, Rabu (13/2/2019) (CNBC Indonesia/Rivi Satrianegara)


Selama masa peralihan, sosialisasi gencar dilakukan agar semua pihak memahami aturan baru secara perinci.

"Pokoknya masalah KIR nggak ada lagi, kemudian stiker nggak ada lagi. SPM [standar pelayanan minimal] kita masukkan di situ sebagai persyaratan kendaraan taksi sesuai keinginan masyarakat. Agar bersih, pengemudinya juga harus berpenampilan yang baik," tandasnya.

Simak video tanggapan menteri perhubungan terkait taksi online di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading