Internasional

Data Bocor, CEO Facebook: Saya Bertanggung Jawab

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
05 April 2018 12:09
CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan tidak ada karyawan yang dipecat akibat skandal kebocoran data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica.
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Facebook Mark Zuckerberg bertanggung jawab secara pribadi karena membiarkan pihak ketiga mengakses data pengguna Facebook tanpa izin dan mengatakan perusahaannya akan memulai upaya tiga tahun untuk mencegah kejadian serupa terulang di masa depan.

"Saya memulai perusahaan ini, saya yang menjalankannya," kata Zuckerberg dalam conference call dengan wartawan hari Rabu (4/4/2018), dilansir dari CNBC International. "Saya bertanggung jawab atas apa yang terjadi di sini."

[Gambas:Video CNBC]


Tidak ada karyawan yang dipecat akibat skandal kebocoran data yang melibatkan perusahaan konsultasi politik asal Inggris Cambridge Analytica, ungkapnya. Namun, ia mengakui perusahaannya tidak cukup berupaya untuk mencegah tindakan penyalahgunaan itu dan meminimalkan akibat dari tindakan itu terhadap platform-nya. Ia menyebut kurangnya antisipasi itu sebagai "sebuah kesalahan besar, kesalahan saya."

Ia menambahkan, "Saya akan melakukan yang terbaik ke depannya, saya tidak akan menyalahkan siapapun."


Facebook sedang menjadi pusat perhatian akibat penggunaan data penggunanya, terutama setelah muncul bukti bahwa Rusia memengaruhi pemilu presiden Amerika Serikat (AS) tahun 2016 melalui iklan di platform media sosial terbesar di dunia itu.

Media The Guardian dan The New York Times melaporkan pada bulan Maret bahwa Cambridge Analytica menggunakan data pribadi pengguna Facebook yang didapatkan secara tanpa izin melalui aplikasi kuis untuk menemukan pemilih potensial bagi Presiden AS Donald Trump.


Upaya melindungi Facebook adalah usaha yang membutuhkan waktu bertahun-tahun, kata Zuckerberg, dan menambahkan ia tidak berharap kebocoran itu dapat segera diperbaiki "menimbang betapa rumitnya Facebook dan betapa banyak sistem di dalamnya dan karena Facebook harus memikirkan ulang hubungannya dengan para pengguna."

Facebook memiliki 15.000 karyawan yang bekerja di bidang keamanan dan peninjauan konten dan akan bertambah menjadi 20.000 pada akhir tahun ini, kata Zuckerberg.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading