Internasional

Mark Zuckerberg Pertimbangkan Facebook Berbayar

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
11 April 2018 11:25
Mark Zuckerberg Pertimbangkan Facebook Berbayar
Jakarta, CNBC Indonesia - Akan selalu ada versi Facebook yang dapat diakses pengguna secara gratis, kata CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam pernyataannya di hadapan Kongres Amerika Serikat (AS) hari Selasa (10/4/2018). Namun, pernyataannya itu mengindikasikan raksasa media sosial itu paling tidak pernah mempertimbangkan adanya Facebook versi berbayar.

"Ya, akan selalu ada versi Facebook yang gratis," kata Zuckerberg dalam rapat dengar pendapat gabungan antara Senat Peradilan dan Komite Dagang AS, dilansir dari CNBC International.

Zuckerberg memberi pernyataan di hadapan Kongres hari Selasa dalam rapat pertama dari dua yang direncanakan berkaitan dengan masalah kerahasiaan data Facebook. Perusahaan itu dicecar pertanyaan menyusul laporan bahwa lembaga data analitik Cambridge Analytica secara tanpa izin mendapatkan akses data personal 87 juta pengguna Facebook melalui aplikasi kuis.


Dalam sebuah interview dengan Today, COO Facebook Sheryl Sandberg mengatakan bahwa memperbolehkan pengguna Facebook memilih informasi apa saja yang dapat dibagi dengan pengiklan akan membutuhkan sebuah model aplikasi berbayar. Namun, ia tidak mengatakan perubahan tersebut akan terjadi.

Zuckerberg tidak membantah perusahaannya sedang mempertimbangkan opsi berbayar namun menekankan bahwa perusahaan selalu ingin menawarkan layanan yang dapat diakses semua orang.

"Saya kira apa yang Sheryl katakan adalah kami membutuhkan model bisnis bila ingin tidak menampilkan iklan," ujarnya. "Saya jelaskan, kami hari ini tidak menawarkan opsi bagi pengguna untuk membayar agar tidak melihat iklan."


Ketika ditanya bagaimana Facebook mendanai platform gratisnya, Zuckerberg menjawab perusahaannya bergantung pada iklan.

"Senator, kami menampilkan iklan," ucapnya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading