CNBC Indonesia Research

Jelang Window Dressing, Ini Saham yang Bisa Kasih Cuan

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
08 November 2022 07:45
Infografis/ Amazing! 70% Investor Angkatan Corona Adalah Milenial/Aristya Rahadian Foto: Infografis/ Amazing! 70% Investor Angkatan Corona Adalah Milenial/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Langit cerah di penghujung tahun yang mendung bagi investor, namanya window dressing. Ini adalah musim di mana para pelaku pasar saham sumringah karena 'panen cuan'. Namun, saham apa yang bakal memberikan keuntungan maksimal?

Mengutip laman Investopedia.com, window dressing adalah strategi dari manajer investasi untuk meningkatkan performa portfolio sebelum disajikan kepada klien atau pemegang saham. Istilah ini melekat pada akhir tahun, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada akhir kuartal.

Tak hanya oleh manajer investasi, window dressing juga berlaku pada perusahaan atau emiten yang mengambil tindakan untuk meningkatkan laporan keuangan mereka. Contohnya saja penjualan dengan promo di akhir tahun agar mendapatkan pendapatan.

Window dressing diharapkan mampu meningkatkan performa investasi dalam jangka pendek. Oleh karena itu, sektor-sektor 'hot' atau yang memiliki volatilitas tinggi akan menjadi pilihan. Para investor pun tidak kalah meramaikan gelaran ini dengan berburu keuntungan dalam jangka pendek. Alhasil performa indeks saham pun terdongkrak di ujung tahun.

Jika melihat performa bursa acuan dunia, Wall Street, window dressing bisa tercermin dalam performa dua bulan terakhir di penghujung tahun. Rata-rata kinerja indeks utama Wall Street pada November dan Desember selama 15 tahun terakhir berada di zona hijau alias positif.

Bagaimana di Indonesia?

Musim window dressing pun terjadi di Indonesia, setidaknya dalam 15 tahun terakhir. Pada masa tersebut Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selalu berakhir di zona hijau. Bedanya, efek window dressing tampak hanya bulan Desember.

Rata-rata kinerja IHSG pada Desember dalam 15 tahun terakhir tercatat 3,61%. Kenaikan tertinggi terjadi pada Desember 2008 yakni 9,17%. Sementara raihan terkecil yakni 0,42% pada Desember 2013.

Seasonality IHSGFoto: Refinitiv
Seasonality IHSG
Sektor Pilihan Window Dressing
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading