Mohon Arahan Pak Jokowi! 'Hantu' Gentayangan Ancam Ekonomi RI

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
15 June 2021 16:30
Warga menukarkan sejumlah uang di mobil kas keliling dari sejumlah bank yang terparkir di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Senin (13/5/2019). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2020 sudah berat, bahkan sangat berat. Namun 2021, yang awalnya digadang-gadang membawa harapan perbaikan, ternyata tidak kalah rumit.

Sisa masalah besar dari tahun lalu, yaitu pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19), masih belum selesai. Memang sudah ada vaksin, tetapi bukan berarti masalah selesai.

Malah kini ada masalah baru karena virus yang awalnya mewabah di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China ini terus bermutasi. Ada varian Brasil, Inggris, Afrika Selatan, India, dan sebagainya. Virus corona yang bermutasi ini secara umum lebih cepat dan mudah menyebar.


Oleh karena itu, sejumlah negara yang sempat berhasil mengendalikan pandemi kini dibuat sibuk lagi. Negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura bahkan sampai kembali mengetatkan pembatasan sosial.

Bagaimana dengan Indonesia? Selepas Idul Fitri, kasus positif maupun kasus aktif mengalami peningkatan yang lumayan mencolok.

Kementerian Kesehatan melaporkan total pasien corona di Indonesia per 14 Juni 2021 berjumlah 1.919.547 orang. Bertambah 8.189 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Dalam dua pekan terakhir, pasien positif bertambah rata-rata 6.989 orang per hari. Melonjak dibandingkan rerata 14 hari sebelumnya yaitu 5.547 orang per hari.

Secara persentase, rata-rata laju pertumbuhan kasus harian dalam dua pekan terakhir adalah 0,37% per hari. Lebih cepat ketimbang rata-rata 14 hari sebelumnya yakni 0,31% per hari.

Angka kasus aktif pun bergerak ke utara. Kasus aktif adalah jumlah pasien yang masih menjalani perawatan, baik di fasilitas kesehatan maupun mandiri. Data ini menggambarkan seberapa berat tekanan terhadap sistem pelayanan kesehatan di suatu negara.

Per 14 Juni 2021, jumlah kasus aktif corona di Indonesia adalah 115.197 orang. Bertambah 1.809 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Dalam 14 hari terakhir, rata-rata tambahan kasus aktif adalah 942 orang per hari. Lebih tinggi ketimbang rerata 14 hari sebelumnya yaitu 919 orang saban harinya.

Dinamika ini membuat pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengetatkan pembatasan sosial walau tidak ketat-ketat amat. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro kembali diperpanjang hingga 28 Juni 2021. Karyawan yang masuk ke kantor diharapkan hanya 25%, sisanya bekerja dari rumah (work from home/WfH) untuk daerah zona merah. Untuk daerah zona kuning dan hijau, karyawan yang WfH tetap 50%.

Kemudian rumah ibadah di daerah zona merah ditutup untuk sementara sementara dua minggu. Restoran dan pusat perbelanjaan boleh tetap buka dengan pembatasan kapasitas maksimal 50% dan harus tutup pukul 21:00.

Halaman Selanjutnya --> Waspada, Kredit Bermasalah Bisa Meledak!

Waspada, Kredit Bermasalah Bisa Meledak!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading