Senin 'Harpitnas', Pantau 7 Kabar Pasar Ini Sebelum Trading!

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
31 May 2021 08:51
Dok: Telkom

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham domestik berakhir di teritori positif pada perdagangan akhir pekan lalu, Jumat (31/8/2021) dengan aksi beli pelaku pasar asing yang cukup massif.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat sebesar 0,12% ke level 5.848,61 poin dengan nilai transaksi mencapai Rp 12,87 triliun dan frekuensi sebanyak 1,07 juta kali. Pelaku pasar asing tercatat melakukan pembelian bersih senilai Rp 1,29 triliun.

Pada awal pekan ini perdagangan 'kejepit' karena Selasa besok 1 Juni bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila dan menjadi hari libur nasional.


Cermati aksi dan peristiwa emiten berikut ini yang dihimpun dalam pemberitaan CNBC Indonesia sebelum memulai transaksi pada perdagangan awal pekan ini, Senin (31/5/2021):

1.Grup Sinarmas Caplok 21% Saham Moratelindo Rp 360 M

Emiten telekomunikasi Grup Sinarmas, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) melalui anak usahanya PT Smart Telecom (Smartel) membeli 20,5% saham perusahaan infrastruktur serat optik jaringan telekomunikasi,PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) dengan nilai investasi Rp 360 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen Moratelindo dan FREN masing-masing mengumumkan informasi masuknya Grup Sinarmas lewat Smartel ini.

Masuknya Smartel setelah dilakukan Penandatanganan Perjanjian Penyertaan Saham Bersyarat oleh dan antara Moratelindo, PT Candraka Multikreasi (CKM) dan PT Gema Lintas Benua (GLB) dan Smartel.

2.Dirut Telkomsel Diganti, Hendri Mulya Syam Jadi Dirut Baru

PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (Telkom) dan Singapore Telecommunications Ltd. (SingTel) selaku pemegang saham PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengangkat Hendri Mulya Syam sebagai Direktur Utama menggantikan Setyanto Hantoro.

Selain itu, pemegang saham juga mengangkat Mohamad Ramzy sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko menggantikan Leonardus Wahyu Wasono, dan mengangkat Adiwinahyu Basuki Sigit sebagai Direktur Sales menggantikan Hendry Mulya Syam.

"Keputusan ini berlaku efektif sejak 28 Mei 2021," jelas Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam pernyataan resminya, Jumat (28/5).

3.Bos Krakatau Steel Silmy Karim Borong Saham KRAS

Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk (KRAS), Silmy Karim, membeli sebanyak 315 ribu saham perseroan pada Kamis (27/5/2021) kemarin.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Silmy Karim kepada Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), harga pelaksanaan pembelian saham tersebut di harga Rp 635 per saham. Dengan demikian, dana yang digelontorkan Silmy sebesar Rp 200,02 juta.

"Tujuan transaksi untuk investasi dengan status kepemilikan saham langsung," kata Silmy Karim, dikutip Jumat (28/5/2021).

4.Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) mengubah susunan komisaris dan direksi, pada Jumat (28/5/2021).

RUPS Tahunan tersebut memberhentikan Rhenald Kasali, Marsudi Wahyu Kisworo, Ahmad Fikri Assegaf, Wawan Iriawan, Chandra Arie Setiawan dan Alex Denni dari jabatan komisaris.

Sebagai gantinya, pemegang saham mengangkat mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro sebagai Komisaris Utama Telkom Selain itu ada Dirjen Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata dan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Selain itu juga ada nama Bono Daru Adji yang diangkat sebagai komisaris. Uniknya ada satu nama yang juga diangkat sebagai Komisaris, yakni Abdi Negara Nurdin atau dikenal sebagai Abdee Slank.

Selain perombakan pengurus, Telkom juga memutuskan untuk membagikan dividen senilai Rp 16,64 triliun atau setara 80% dari perolehan laba bersih perseroan sepanjang tahun 2020.

NEXT: Simak Kabar Hot Lainnya

Cerita Morgan Stanley dan Dividen UNVR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading