Cari Modal Kerja, Anak Usaha Indomobil Rights Issue Rp 663 M

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
24 August 2020 10:20
Indomobil (dok.indomobilnissan.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak usaha PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), yakni PT Indomobil Multi Jasa Tbk (IMJS) akan melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) III penerbitan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebanyak-banyaknya 2.884.775.000 saham biasa.

Nominal penerbitan saham baru atau rights issue ini ditetapkan dengan nilai nominal Rp 200/saham dan harga pelaksanaan HMETD yakni Rp 230/saham, sehingga seluruhnya dana yang bisa diraih dari aksi korporasi ini berjumlah sebesar Rp 663,49 miliar.

"Jumlah besaran saham baru yang diterbitkan merupakan 33,33% dari jumlah saham perseroan yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah PUT III," tulis manajemen IMJS, dalam prospektus yang disampaikan di Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Senin (24/8/2020).


Setiap pemegang saham yang memiliki 2 saham yang namanya tercantum dalam DPS (daftar pemegang saham) pada 12 Agustus 2020 pukul 16.00 WIB berhak atas 1 (HMETD, di mana setiap 1 HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak 1 saham baru dalam PUT III dengan harga pelaksanaan Rp 230/saham.

"Saham yang ditawarkan dalam rangka PUT III dengan menerbitkan HMETD ini seluruhnya adalah saham baru yang dikeluarkan dari portepel perseroan yang mempunyai hak sama dan sederajat dalam segala hal termasuk hak atas dividen dengan saham lainnya dari perseroan yang telah ditempatkan dan disetor penuh dan akan dicatatkan di BEI sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," tulis manajemen IMJS.

Indomobil Sukses Internasional sebagai pemegang saham utama perseroan yang memiliki 91,97% saham dari jumlah modal ditempatkan dan disetor dalam IMJS, akan melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya dalam PUT III sebanyak 2.653.140.957 HMETD.

Apabila saham yang ditawarkan dalam PUT III ini tidak seluruhnya diambil bagian oleh pemegang bukti HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya secara proporsional.

Tanggal terakhir pelaksanaan HMETD adalah 25 Agustus 2020 di mana hak yang tidak dilaksanakan sesudah tanggal tersebut tidak berlaku lagi.

Perseroan telah menyampaikan Pernyataan Pendaftaran kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 10 Juni 2020 sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam Peraturan OJK No. 32/2015.

Adapun potensi delusi atas saham yakni sebesar 33,33% bagi pemegang saham yang tidak melaksanakan haknya.

Struktur pemegang saham setelah PUT III ini, dengan asumsi semua pemegang saham melaksanakan haknya, yakni Indomobil Sukses Internasional 91,97%, PT Indomobil Manajemen Corpora 0,0001%, dan investor publik 8,03%.

Perseroan telah mendapatkan persetujuan dari RUPS yang telah dilaksanakan pada 8 Juni 2020.

Seluruh dana yang diperoleh perseroan dari PUT III ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang menjadi kewajiban perseroan, akan digunakan dengan rincian, sekitar 90% untuk memperkuat struktur permodalan PT CSM Corporatama (CSM), dalam bentuk tambahan setoran modal, dan sisanya untuk modal kerja perseroan.

Saham IMJS pada perdagangan Senin pagi ini melesat 16,41% di level Rp 298/saham dengan kapitalisasi pasar Rp 1,86 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading