Analisis

Seandainya Tak Ada Deal Brexit, Emas Bisa Melaju Tinggi

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
18 October 2019 14:03
Pada pukul 13:50 WIB, emas diperdagangkan di level US$ 1.489,74/troy ons, melemah 0,13% di pasar spot, melansir data Refinitiv.
Jakarta, CNBC Indonesia - Hingga pertengahan perdagangan sesi Asia Jumat (18/10/19) harga emas dunia belum banyak bergerak setelah mencatat penguatan dua hari beruntun Kamis kemarin. Penguatan kemarin tipis saja, sebesar 0,15%, tetapi peluang kenaikan lebih besar masih terbuka seandainya tidak ada deal Brexit antara Inggris dan Uni Eropa.

Pada pukul 13:50 WIB, emas diperdagangkan di level US$ 1.489,74/troy ons, melemah 0,13% di pasar spot, melansir data Refinitiv. 

CNBC International melaporkan, pihak Inggris Raya dan Uni Eropa akhirnya mencapai kesepakatan proposal Brexit setelah berunding selama 11 jam. Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, melalui akun Twitter-nya mengatakan telah "kita telah mencapai kesepakatan Brexit yang bagus", dan meminta anggota Parlemen Inggris untuk mendukung proposal tersebut saat diserahkan ke parlemen pada hari Sabtu (19/10/19).




Setelah mendapat persetujuan dari Uni Eropa, proposal tersebut akan diserahkan ke Parlemen Inggris pada Sabtu (19/10/19) besok, juga untuk mendapat persetujuan, sebelum akhirnya Brexit resmi dilakukan pada 31 Oktober nanti.

Adanya deal antara Pemerintah Inggris dengan Uni Eropa memberikan kelegaan di pasar, sebelumnya beredar isu jika pihak Uni Eropa enggan untuk membahas proposal Brexit dengan PM Johnson, dan menyatakan proposal Brexit era mantan PM Theresa May merupakan penawaran terbaik yang diberikan.

Dengan adanya deal tersebut, potensi terjadinya hard Brexit atau Inggris bercerai dengan Uni Eropa tanpa kesepakatan apapun, kini semakin berkurang. Hard Brexit dikhawatirkan akan membawa ekonomi Inggirs ke jurang resesi, dan bisa jadi turut menyeret negara-negara Benua Biru lainnya.


Akibat berkurangnya potensi terjadinya hard brexit, pelaku pasar sedikit lega, sentimen menjadi membaik, dan aset aman (safe haven) seperti emas kurang dilirik.

Harga emas dunia pada Kamis kemarin melemah merespon kabar deal Brexit. Namun akhirnya kembali bangkit akibat buruknya data ekonomi AS yang kembali memunculkan kecemasan akan kemungkinan terjadinya resesi di Negeri Paman Sam.

(BERLANJUT KE HALAMAN 2)

Kondisi Ekonomi AS Memburuk, Emas Kembali Mengkilap
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading